https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/issue/feedEconomics Learning Experience & Social Thinking Education Journal2025-04-16T09:48:28+07:00Herman Susilohersusilo72@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong><em>Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal</em></strong> <strong>(ELESTE)</strong> Adalah Jurnal pembelajaran, Pemikiran Ilmu Ekonomi dan Sosial yang berisi pengalaman serta penelitian, dimana jurnal ini sebagai Akronomi dari <em>Life Skill Training</em> yang merupakan 3 + 1 Pilar Pendidikan yang terdiri dari <em>Learning to be (Mentality),</em> <em>Learning to do (Networking</em>), <em>Learning to know (Knowladge)</em> yang pada akhirnya dalam rangka <em>Learning to Survive</em>. Dari Pilar Pendidikan tersebut maka Jurnal ini menyajikan berbagai hasil penelitian oleh Peneliti, Praktisi, Dosen dan Mahasiswa baik berbasis pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, Jurnal ini memiliki <strong>ISSN Online 3032-7261</strong> sesuai dengan SK Badan Riset Dan Inovasi Nasional <strong>Nomor 30327261/II.7.4/SK.ISSN/03/2024</strong> Tentang SK Penerbitan ISSN. Jurnal ini diterbitkan secara periodik semesteran (dua kali dalam setahun) di bulan Maret dan September, dengan mengangkat bidang keilmuan ekonomi, akuntansi, pemasaran dan manajemen. Tema - tema yang dipilih serta sesuai dengan scope yang sedang berkembang saat ini yang meliputi ilmu bisnis, ekonomi, marketing, keuangan, Akuntansi biaya, manajemen Dll.</p>https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/367ANALISIS EFEKTIFITAS MANAJEMEN KEUANGAN PADA INSTITUSI PENDIDIKAN DI TINGKAT TK2025-03-25T10:47:48+07:00Sri Handayanisri1981handayani@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan melakukan penelitian bagi guru dan ingin mengetahui serta membahas tentang analisis efektifitas manajemen keuangan pada institusi Pendidikan di tingkat TK, Manajemen keuangan dalam konteks pendidikan melibatkan perencanaan, penganggaran, pengelolaan dana, dan pengawasan untuk memastikan bahwa sumber daya keuangan digunakan dengan bijak dan efektif. Prinsip dasar dari manajemen keuangan adalah efisiensi, efektifitas, dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami, menjelaskan, dan menjelajahi fenomena sosial dan manusia serta Memahami bagaimana individu merasakan, berpikir, dan memberi makna pada pengalaman mereka. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh peneliti .melalui observasi, catatan lapangan dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian Tindakan kelas ini adalah (1) Sumber dana yang terbatas di Lembaga pendidikan dari beberapa factor yang ada dapat diatasi dengan solusi dan strategi dengan melakukan Diversifikasi Sumber Pendanaan, Efisiensi dalam Penggunaan Fasilitas dan Sumber Daya, Prioritas Penggunaan Dana, Pengelolaan Keuangan yang Efisien dan Transparan. (2) Pembiayaan program yang tidak jelas dan tidak tepat sasaran dapat diatasi dengan cara Penyusunan Program Berdasarkan Kebutuhan, Prioritas Penggunaan Dana, Kemitraan dan Kolaborasi dengan Pihak Lain, Perencanaan Anggaran yang Partisipatif dan Terstruktur. (3) Bagaimana merancang anggaran secara tepat dapat dilakukan dengan cara Menggunakan Metode Anggaran Berbasis Kinerja, Perencanaan Anggaran Berdasarkan Kebutuhan yang Jelas</p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journalhttps://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/299ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT (STUDI KASUS PT CITRA ABADI SEJATI BOGOR)2025-04-16T09:48:28+07:00Jhonson Sitanggangjhonson.sitanggang@gmail.comHeirunissanissataslim.01@gmail.comMasni Sakti Gulomasnisakti16@gmail.com<p>Perusahaan agar dapat berkembang dan dapat bertahan hidup harus mampu menghasilkan produk barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik, harganya lebih murah, promosi lebih efektif, penyerahan barang ke konsumen lebih cepat dan dengan pelayanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kualitas pada PT Citra Abadi Sejati Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengolahan data menggunakan analisis data <em>Internal </em><em>F</em><em>actor </em><em>E</em><em>valuation </em>(IFE), <em>Eksternal </em><em>F</em><em>actor </em><em>E</em><em>valuation </em>(EFE), matriks Internal dan Eksternal (IE) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor internal kekuatan, yaitu (1) Lokasi strategis, (2) Produk berkualitas, (3) Produk selalu mengikuti trend, (4) Harga terjangkau, dan (5) Tempat nyaman dan bersih, sedangkan kelemahan yang dimiliki PT Citra Abadi Sejati Bogor terdiri dari 4 faktor, yaitu (1) Kualitas SDM, (2) Promosi di media sosial, (3) Variasi produk, dan (4) Kelengkapan Fasilitas. Adapun peluang yang dapat dimanfaatkan oleh PT Citra Abadi Sejati Bogor terdiri dari 6 faktor yaitu (1) Peningkatan jumlah penduduk, (2) Dukungan pemeritah, (3) Perkembangan tekonlogi, (4) Budaya membeli baju baru, (5) Industri garmen yang terus berkembang, dan (6) Gaya hidup masyarakat. Sedangkan ancaman bagi PT Citra Abadi Sejati Bogor terdiri dari 5 faktor yaitu: (1) Inflasi, (2) Barang substitusi, (3) Pendatang baru sejenis, (4) Tuntutan pelanggan, dan (5) Situasi perekonomian global. Berdasarkan matriks IFE menghasilkan skor sebesar 2,78 dan EFE dengan skor sebesar 2,72, dan hasil dari matriks IE PT Citra Abadi Sejati Bogor berada pada kuadran V, yaitu <em>Hold and Maintain. </em>Dari hasil analisis SWOT diperoleh beberapa strategi yaitu strategi S-O : mempertahankan kekuatan yang dimiliki serta memanfaatkan perkembangan teknologi dan industri garmen yang terus berkembang, strategi W-O : menggiatkan promosi di media sosial dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, strategi S-T : meningkatkan kontrol atas kekuatan yang dimiliki dalam menghadapi pesaing agar pelanggan tetap bertahan, dan strategi W-T : melakukan pelatihan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas karyawan.</p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journalhttps://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/366PERANAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PEREKONOMIAN MODERN DI INDONESIA2025-03-25T10:47:14+07:00Sujatmiko Baliartosudjatmikobaliarto@gmail.comWardhaniwardhaniw76@gmail.comRiadi Yantoriadi.sagitarius@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membahas tentang bagaimana peranan perilaku konsumen dalam perekonomian modern di Indonesia. erilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, atau organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka. Dalam konteks perekonomian modern, perilaku konsumen memegang peranan yang sangat penting, karena konsumsi merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif dengan jenis data mengunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Revolusi digital melalui perkembangan system informasi memberikan banyak kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bagi konsumen baik dalam penggunaan maupun kelebihan manfaat yang dapat diberikan untuk memberikan perubahan perilaku pada konsumen dan pelaku bisnis lainya. (2) Perilaku konsumen dalam perekonomian modern di Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi, baik secara ekonomi, sosial, maupun psikologis yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dan kompleks. (3) Perubahan demografis meningkatnya kesadaran sosial dan lingkungan di kalangan konsumen, yang mengarah pada preferensi terhadap produk yang ramah lingkungan dan etis. (4) Perilaku konsumen juga tidak hanya dipengaruhi oleh faktor rasional seperti harga dan kualitas produk, tetapi juga oleh faktor psikologis dan emosional serta mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dan pengalaman pelanggan</p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journalhttps://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/362PENGARUH METODE CASH ON DELIVERY (COD) TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE (STUDI KASUS DI KP PILAR LEUWISADENG BOGOR)2025-03-25T10:49:42+07:00Fanya Alifia Larissafanyaalfil@gmail.comEvi Novitaevinovita307@gmail.comSukarnaSukarna1071@gmail.com<p><em>This research is motivated by the growing development of payment methods for digitalized transactions, one of which is the Cash On Delivery (COD) payment method. Then the problem arose because he saw the habit of online transactions using the Cash On Delivery method carried out by the people of Kp Pilar Leuwisadeng Bogor. The purpose of this study was to determine the effect of the Cash On Delivery payment method on people's buying interest in e-commerce Shopee at Kp Pilar Leuwisadeng Bogor. This study uses a quantitative approach. The data collection technique used was a questionnaire with a population of 455 and a sample of 69 people with an age range of 15-40 years. The results showed that there was a significant relationship between the effect of the Cash On Delivery payment method on the buying interest of the people of Kp Pilar Leuwisadeng Bogor with a tcount of 3.287 > ttable of 1.668 and a sig. 0.002 <0.05, means that the alternative (Ha) is accepted.</em></p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journalhttps://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/369PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CV. BANGKIT JAYA SOLUSINDO2025-03-25T10:48:15+07:00Fina Marwah Permatafinamarwahpermata@gmail.comMei Iswandimeiiswandi623@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier regresi berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung > Ftabel. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel, maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah promosi</p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journalhttps://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/370PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK YAPPA DEPOK2025-03-25T10:50:44+07:00Nursaadahnursaadah1219@gmail.comNuryani Susananursaadah1219@gmail.comNurdin Rifainurdinrifai100864@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualits pelayanan, fasilitas dan lokasi tterhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Dalam penelitian ini digunakan adalah penelitian survei, dengan metode teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara,pengamatan. Dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan sebanyak 100 responden yang dikumpulkan teknik accidental sampling. Hasil analisi uji regresi menunjukan bahwa faktor kepuasan siswa di SMK Yappa Depok 43,8% dapat dijelaskan oleh gabungan antara kualitas pelayanan,fasilitas dan lokasi sedangkan sisanya 56,2% dijelaskan oleh faktor lain yngtidak diteliti dalam penelitian ini. Hassil uji F menunjukan bahwa secara simultan kulitas pelayanan, fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok dengan hasil Fhitung (26,717)>Ftabel (2,700). Hasil uji T menunjukan bahwa kualitas pelayanan,fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Kualitas pelayanan menunjukan hasil Thitung (3,561) , fasilitas menunjukan hasil Thitung (2,891) dan variabel lokasi menunjukan hasil Thitung (4,974) dimana Ttabel (1,985) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Dengan demikian penelitan ini menunjukan bahwa variabel lokasi memiliki pengaruh dominan dalam memengaruhi kepuasan siswa di SMK Yappa Depok.</p>2025-03-28T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal