Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste <p><strong><em>Economics Learning Experience &amp; Social Thinking Education Journal</em></strong> <strong>(ELESTE)</strong> Adalah Jurnal pembelajaran, Pemikiran Ilmu Ekonomi dan Sosial yang berisi pengalaman serta penelitian, dimana jurnal ini sebagai Akronomi dari <em>Life Skill Training</em> yang merupakan 3 + 1 Pilar Pendidikan yang terdiri dari <em>Learning to be (Mentality),</em> <em>Learning to do (Networking</em>), <em>Learning to know (Knowladge)</em> yang pada akhirnya dalam rangka <em>Learning to Survive</em>. Dari Pilar Pendidikan tersebut maka Jurnal ini menyajikan berbagai hasil penelitian oleh Peneliti, Praktisi, Dosen dan Mahasiswa baik berbasis pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, Jurnal ini memiliki <strong>ISSN Online 3032-7261</strong> sesuai dengan SK Badan Riset Dan Inovasi Nasional <strong>Nomor 30327261/II.7.4/SK.ISSN/03/2024</strong> Tentang SK Penerbitan ISSN. Jurnal ini diterbitkan secara periodik semesteran (dua kali dalam setahun) di bulan Maret dan September, dengan mengangkat bidang keilmuan ekonomi, akuntansi, pemasaran dan manajemen. Tema - tema yang dipilih serta sesuai dengan scope yang sedang berkembang saat ini yang meliputi ilmu bisnis, ekonomi, marketing, keuangan, Akuntansi biaya, manajemen Dll.</p> id-ID hersusilo72@gmail.com (Herman Susilo) firmansar@gmail.com (Firman Sari) Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 STUDI KELAYAKAN BISNIS SKYMO APPAREL SANCANG BOGOR https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/211 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek kelayakan usaha Skymo Apparel Sancang Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, dan manajemen sumber daya manusia serta aspek finansial dengan perhitungan kelayakan berupa <em>Payback Period </em>(PP), <em>Net Present Value </em>(NPV), <em>Internal Rate of Return </em>(IRR) dan <em>Profitability Index </em>(PI). Dari aspek finansial tersebut yang digunakan menunjukan bahwa usaha Skymo Apparel layak untuk dikembangkan dan dari aspek hukum, pemasaran, teknis dan sumber daya manusia juga memberikan gambaran potensi yang baik. Hasil penelitian menunjukan setiap aspek dalam penelitian ini dinyatakan layak, salah satunya dalam aspek keuangan. Dalam laporan keuangan memberikan nilai yang positif dengan hasil PP 1 bulan 3 hari, dinyatakan layak karena lebih cepat dari umur ekonomis, NPV Rp. 840.851.405 layak karena bernilai positif atau lebih dari nol, IRR nya pun lebih dari 38% dengan nilai 38,93%, dan PI dianggap layak dengan angka lebih dari 1 yaitu 18.</p> Iman Hernawan, Alfiansyah Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/211 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN CABANG RENGASDENGKLOK https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/212 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Metode penelitian berupa penelitian kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga, promosi, dan tempat secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (45,962) &gt; Ftabel (2,467). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk menunjukkan hasil analisis thitung (-3,488) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6,513) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Adapun variabel harga dan tempat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok adalah promosi.</p> Bambang Suntoro, Nurhayati Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/212 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/213 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI <em>Business School </em>Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (<em>explanatory</em>) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara <em>Accidental sampling</em><em>. </em>Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 50,4 % faktor-faktor kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sedangkan sisanya 49,6 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan hasil analisis yaitu nilai F<sub>hitung </sub>(51.217) &gt; F<sub>tabel </sub>(2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis t<sub>hitung­</sub> (6.986), variabel fasilitas menunjukkan hasil analisis t<sub>hitung­</sub> (2.259), dimana&nbsp; t<sub>tabel</sub>&nbsp; (1,98397)&nbsp; maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI <em>Business School </em>Depok. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah kualitas pelayanan.</p> <p>&nbsp;</p> Mei Iswandi, Destya Annisa Putri Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/213 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH DISIPLIN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SUNGINTEX INDONESIA CILEUNGSI https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/214 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Disiplin dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sungintex Indonesia Cileungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling, sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 30 responden yang merupakan karyawan PT. Sungintex Indonesia Cileungsi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 82,2% faktor-faktor kinerja dapat dijelaskan oleh disiplin dan budaya organisasi sedangkan sisanya 17,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan disiplin dan budaya organisasi secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (51,664) &gt; Ftabel (2,975). Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel disiplin menunjukkan hasil analisis thitung (5,414) dan variabel budaya organisasi menunjukkan hasil analisis thitung (3,448) dimana ttabel (1,701) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Sungintex Indonesia Cileungsi. Variabel dominan yang mempengaruhi kinerja karyawan PT. Sungintex Indonesia Cileungsi adalah disiplin kerja.</p> Rubiah Fitriyanti, Fitri Ramadhani Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/214 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 EFEKTIFITAS WENDY RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK POND’S TRIPLE GLOW SERUM DENGAN MODEL VISCAP https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/215 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektifitas <em>Wendy Red Velvet</em> sebagai Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Pond’s Triple Glow Serum Dengan Model VisCAP (Studi Kasus Pada Remaja di Ciherang Rt 03/06 Kecamatan Tapos Depok). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pendekatan deskriptif untuk mengetahui seberapa efektif variabel bebas (brand ambassador) dengan variabel terikat (minat beli konsumen). Teknik analisis yang digunakan, yaitu Teknik analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan regresi linier sederhana diperoleh Y = 6,042 + 0,3295X. Kemudian pada uji t diperoleh hasil yang menunjukkan nilai&nbsp; t_hitung variabel brand ambassador sebesar 14,36 &gt; t_tabel 1,984&nbsp; dengan nilai signifikasi 0.000 &lt; 0.005. Hal ini menunjukkan bahwa brand ambassador Wendy Red Velvet efektif sebagai penentu minat beli konsumen pada produk Pond’s Triple Glow Serum.</p> Khoirul Umam, Anis Isputri Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/215 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT DUTAPALMA NUSANTARA JAKARTA https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/217 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT Dutapalma Nusantara Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif. Metode deskriptif yaitu untuk mengklasifikasikan data guna memecahkan masalah dengan mengumpulkan data, menyusun data dan mengklasifikasikan serta menginterprestasikannya berdasarkan kenyataan yang ada dilapangan. Penelitian ini dilakukan di PT Dutapalma Nusantara di Menara Palma Lt 27 – Jl HR Rasuna Said blok X2, kav 6 – Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 46.2% variable terikat yaitu kinerja&nbsp;&nbsp;&nbsp; karyawan (Y) dapat dijelaskan oleh budaya organisasi (X), sedangkan sisanya sebesar 53.7% merupakan variable yang tidak diteliti dalam model penelitian ini. Budaya Organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, oleh sebab itu&nbsp; perusahaan harus lebih memperhatikan budaya organisasi perusahaan agar dapat meningkatkan kinerja karyawan.</p> Nizmah Chalifah Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/217 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANSJAKARTA di HALTE BUSWAY PGC 2 KORIDOR X (PGC 2-TANJUNG PRIOK) https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/218 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang bus Transjakarta di halte busway PGC 2 koridor X (PGC 2 – Tanjung Priok).&nbsp; Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan data melalui Teknik sampel secara random terhadap penumpang bus Transjakarta di Halte Busway PGC 2 Koridor X (PGC 2 – Tanjung Priok) melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisi regresi liniear sederhana yang telah diuraikan di atas diperoleh nilai persamaan linear Y = 16,507 + 0,295X&nbsp; disimpukan bahwa hubungan penilaian terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan penumpang. Jika besarnya X adalah 0 maka tidak ada perubahan besarnya tingkat Y sedangkan jika X naik persatu satuan maka akan berpengaruh terhadap kenaikan Y, dan berdasarkan Koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 31,02% sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan (X) berkontribusi terhadap kepuasan penumpang (Y) sebesar 31,02 sedangkan sisanya sebesar 68,98 dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.</p> <p>&nbsp;</p> Cynthia Tamara Putri, Khoirul Umam Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/218 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA BATU BATA “H. RA AM JAYA” DI DESA SUKASEJATI KECAMATAN CIKARANG SELATAN KABUPATEN BEKASI https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/219 <p>Dengan dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha batu bata untuk dijalankan, usaha pembuatan batu-bata dengan menggunakan bahan baku tanah merah dengan bahan bakar solar untuk mesin pres batu bata dan kayu bakar sebagai bahan bakar, mengetahui besar pendapatannya, mengetahui tingkat kelayakan usaha di desa Sukasejati Kec.Cikarang Selatan Kab. Bekasi. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui ketersediaan input (bahan baku, modal, tenaga kerja) dan untuk mengetahui pendapatan menggunakan analisis pendapatan, untuk menganalisis kelayakan usaha menggunakan R/C ratio dan BEP. Hasil penelitian bahwa input (bahan baku, modal, tenaga kerja) cukup tersedia di daerah penelitian. Pendapatan usaha pembuatan batu-bata adalah Rp. 380.177.000/tahun. Diperoleh Net Revenue Cost Ratio (Net R/C Ratio) nilai R/C Ratio lebih besar dari satu (R/C &gt; 1 atau 1,66 &gt; 1), Break Even Point (BEP) titik impas harga berada pada harga Rp.242/pcs batu-bata dan titik impas produksi berada pada jumlah 2.4000.000 pcs/tahun . Berdasarkan hasil tersebut maka usaha batu-bata di desa Sukasejati Kec.Cikarang Selatan Kab. Bekasi – Jawa barat layak untuk dijalankan<em>.</em></p> Sugiharto, Sumiyati Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/219 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HELM DI TOKO JWM VARIASI MOTOR (PAS LAMPU MERAH TALANG BOGOR) https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/220 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan penganalisis pengaruh kualitas produk, dan citra merk terhadap keputusan pembelian helm di toko JWM variasi Motor (pas lampu merah talang Bogor). Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian menjelaskan (<em>explanatory</em>) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesiner. Metode alalisis data yang di gunakan adalah regressi linier analisis skala rikert, angka penafsiran kuesiner, Uji Validitas, Uji Realibilitas, Metode suksetif interval (MSI), regresi sederhana, regresi berganda, korelasi berganda, serta koefesien determinasi (Kd), Uji t, Uji f. Pemilihan Sample dilakukan dengan cara sampling aksidental. Adapun sample tersebut berjumlah 86 responden, dengn menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil regresi menunjukan bahwa Hasil regresi menunjukan bahwa 38,7% faktor-faktor keputusan pembelian dapat di jelaskan kualitas produk, dan Citra merk terhadap keputusan sedangkan sisanya 61,3% di jelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas produk citra merk secara serempak berpengaruh posetif dan signifisikan terhdap keputusan pembelian dengn hasil analisi yaitu nilai fhitung (27,847) &gt; Ftabel (3,10). Hasil uji t menujukan bahwa variabel kualitas produk menunjukan hasil analisis thitung (3,142), variabel citra merk menunjukan hasil analisis thitung (2,669) dimana ttabel (1,988) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaru posetifdan siginisikan terhadap keputusan pembelian di Tiko JWM Variasi Motor (pas lampu merah talang Bogor). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Toko JWM Variasi Motor (pas lampu merah talang Bogor).</p> Diyah Purwaningsih, Alfen Edison Isliko Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/220 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PENJUALAN KREDIT DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PENINGKATAN LABA https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/221 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan kredit terhadap peningkatan laba, untuk menganalisis perputaran piutang terhadap peningkatan laba, serta menganalisis berapa besar pengaruh penjualan kredit dan perputaran piutang terhadap peningkatan laba. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2023 dengan jumlah populasi sebanyak 11 perusahaan. Data dianalisis dengan metode statistik regresi linier berganda dan SPSS 23.0 for windows. Selanjutnya diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik (Uji Asumsi Multikolinearitas, Uji Asumsi Regresi Berganda Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi) dan uji asumsi nonklasik (Uji Normalitas, Uji Linearitas, Koefisien Determinasi, Uji F, Uji t). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa pengumpulan data sekunder yang diperoleh melalui data yang telah diteliti dan dikumpulkan oleh pihak lain yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah hasil uji t menyatakan bahwa hipotesis 1 diterima yaitu penjualan kredit berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan laba. Dan hipotesis 2 diterima yaitu perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan secara negatif terhadap peningkatan laba. Selain itu, hipotesis 3 juga ditolak yaitu hasil uji F menyatakan bahwa pengaruh penjualan kredit dan perputaran piutang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan laba walaupun diuji secara simultan.</p> Muhammad Nugraha Hak Cipta (c) 2024 Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/221 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700