PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AMANAH LAUNDRY KOTA BOGOR

Penulis

  • Hanantyoko Dewanto STIE Gici Business School
  • Anisa Ariandi

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Perkembangan usaha yang sangat pesat berdampak pada semakin banyaknya usaha baru yang didirikan oleh masyarakat, baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Fenomena ini menyebabkan pesatnya perkembangan penyediaan layanan laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan semakin berkembang dan meroket di berbagai lokasi, mulai dari lokasi terpencil hingga lokasi ramai.

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Amanah Laundry Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian empiris yang datanya berbentuk angka. Dalam penelitian survey ini, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah teknik nonprobably sampling yang berjumlah 75 Responden.

Hasil Uji Koefisien Determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square 84,3% bahwa faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Sedangkan sisanya 15,7 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = (133,147) > Ftabel = (2,730). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (3,757) dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,760) dimana ttabel (1,993) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Amanah Laundry. Adapun variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Amanah Laundry dengan nilai hasil analisis thitung (1,452). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Amanah Laundry adalah harga.

 

Referensi

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer, Satisfaction, dan Consumer loyalty : tinjauan teoritis. Cetakan Pertama. Purwokerto: Penerbit CV IRDH.

Hardani., Auliya, H. N., Andriani, H., Fardani, A. R., Ustiawaty, J., Utami, F. E., Sukmana, J. D., & Isriqomah, R. R. (2020). Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu. ISBN : 978-623-7066-33-0.

Novandi, D. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan konsumen Pada Miss Laundry Di Kota Tegal. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal.

Hardianawati., (2023). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap kepuasan konsumen berkah laundry. Jurnal manajemen dan bisnis. E-ISSN: 2721-5199. Vol.09/No.02/2023. Institut Bisnis dan Multimedia asmi.

Indahsari, N. L., & Roni M. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah. EISSN: 2828-1802. Volume 1 Nomor 1 Februari 2022. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kalirejo.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.

Situmeang, S. L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam FAkultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Tidak Dipublikasikan

Zulqoidah, S., & U. Chasanah. (2022). Kepuasan konsumen Lovely Laundry Di Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia. ISSN 2808-1617. Vol.2, No.4, Desember 2022, 1069 – 1082. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-21

Cara Mengutip

Dewanto, H., & Ariandi, A. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AMANAH LAUNDRY KOTA BOGOR. General Bookkeeping Service Journal, 1(1), 22–31. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/gbs/article/view/336