PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Penulis

  • Alma Syavanaa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Mega Indah Edityawati
  • Muhammad Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Skintific

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode kuantitatif berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara nonprobability sampling dengan teknik sampel berupa Snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 66,80% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable bebas seperti Citra Merek. Sedangkan selebihnya 34,20% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 2.935 + 0.717X. Artinya, semakin sesuai citra merek maka semakin tinggi pula keputusan pembelian produk Skintifik di Kota Bogor. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel kualitas product menunjukkan hasil analisis thitung (14.142) > ttabel (1.986), maka secara parsial variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skintific di Kota Bogor

Referensi

Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . ISBN: 979-8433-01-7. Bandung Cetakan Ketujuh (Edisi Revisi): ALFABETA.

Amaruddin, R. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Aminatus, S. d. (2021). Ekonometrika Teknik dan Aplikasi dengan SPSS. Mandala Press (Hal 95).

Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Cv. Penerbit Qiara Media.

Bambang, R. A. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. ISBN: 978-623-02-4189-5. Deepublish.

Dian. (2023). Produk dan Merek (Suatu Pengantar). Jawa Tengah: Eurika Media Aksara.

Dian, A. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Hardani, H. d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif . Yogyakarta: Cv Pustaka Ilmu Group .

Kotler, P. &. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Jilid 2 (Alih Bahasabob, S). Jakarta: Erlanga.

Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan . Jawa Timur: Press@Utonomo.Ac.Id.

Melati. (2021). Manajemen Pemasaran. ISBN:978-623-02-1880-4. CV Budi Utama .

Miguna, A. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. ISBN: 978-623-02-0663-4. Deepublish.

Ninda, D. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Journal Image Volume 8 Nomor 1 , 37-44.

Nyoman, A. D. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Merek Wardah . Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Vol 3 No. 1.

Rifaldi, M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Mist The Shop Bandung . Jurnal Penelitian Universitas Telkom.

Rizki, P. (2023). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PUSTAKABARUPPRESS.

Rizki, P. (2023). Perilaku Konsumen ISBN: 978-602-376-834-9. Pustakabarupress.

Saepulrahman. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK NIBA Business School . Tugas Akhir Program Studi Manajemen. Stie Gici Business School.

Sidik, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Sihabuddin, D. d. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS. CV Pena Persada.

Sulaiman, S. (2020). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.

Suyoto, D. (2019). Konsep Dasar Pemaasaran dan Perilaku Konsumen, cetakan ke tiga. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Syafrida, H. (2021). Metodologi Penelitian. Bojonogoro: KBM Indonesia.

Syafrida, H. (2021). Metodologi Penelitian. ISBN: 978-623-6155-06-6. KBM Indonesia.

Syarifudin. (2019). Citra Merek dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan . Sulawesi: Unimal Press.

Yatma. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK Yaspi Kabupaten Bogor . Tugas Akhir. Program Studi Manajemen. Stie Gici Business School.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-24

Cara Mengutip

Syavana, A., Indah Edityawati, M., & Nugraha, M. (2025). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR) . General Bookkeeping Service Journal, 1(1), 1–10. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/gbs/article/view/358