https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/issue/feed Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT 2023-12-12T16:13:34+07:00 Herman Susilo hersusilo72@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service Journal</em></strong> adalah Jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet):</em> <em>Community Service Journal</em> terbit untuk pertama kalinya pada Bulan November 2021. TPeT (<em>Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service Journal</em> memiliki <strong>ISSN Elektronik Nomor 3032-6265</strong> sesuai dengan <strong>SK Badan Riset Dan Inovasi Nasional Nomor 30326265/II.7.4/SK.ISSN/02/2024. TPet Journal </strong>memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu terkini di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, penyuluhan, pendampingan kelompok masyarakat, seminar, Kajian keagamaan, sosial, Budaya, keamanan pangan lokal, UMKM, Teknologi Tepat Guna, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, di tingkat Lokal maupun Nasional, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Dalam satu Tahun TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service</em> Journal diterbitkan sebanyak 2 (dua) terbitan yaitu Bulan Mei dan November.</p> https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/183 PELUANG DAN TANTANGAN PROFESI AKUNTAN DI ERA SOCIETY 5.0 2023-12-01T10:30:43+07:00 Herry Respati herryacc@yahoo.co.id <p>Menyongsong revolusi industri 4.0 yang semakin <em>booming</em> di berbagai sektor menuntut adaptasi pada semua jenis profesi saat ini. Tuntutan revolusi industri 4.0 ini menyasar kepada setiap profesi tak terkecuali profesi akuntan. Terlebih munculnya konsep society 5.0 yang mengharapkan manusia sebagai sentral antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial. Karena ini diperlukan pemberian pemahaman yang lebih terhadap para calon lulusan program studi akuntansi.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/184 SOSIALISASI DAN EDUKASI PASAR MODAL BAGI MASYARAKAT KEL. PANGKALAN JATI KEC. CINERE KOTA DEPOK 2023-12-01T10:43:20+07:00 Israfil Munawarah israfilmunawarah12@gmail.com <p>Diera digitalisasi revolusi 4.0 kesadaran, ketertarikan dan pengetahun masyarakat terhadap aktifitas pasar modal terus bertumbuh, walaupun memang harus diakui tidak semua kalangan tertarik dengan dunia pasar modal, rendahnya minat dari kalangan masyarakat merupakan dampak dari rendahnya tinggkat pemahaman mengenai pasar modal. Sebagai upaya memperkenalkan kepada masyarat terkait dengan aktivitas di pasar modal, maka diperlukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan cara bersosialisasi terkait dengan Pasar Modal yang dilakukan di wilayah Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok Jawa Barat. Sosialisasi Pasar Modal ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat terhadap pasar modal, sehingga diharapkan akan meningkatnya jumlah investor dalam negri dan menambah iklim investasi menjadi lebih baik dan akan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Jauh dari pada itu diharapkan juga masyarakat semakin cerdas dalam menginvestasikan dananya, dan diharapkan dapat memberikan manfaat juga bagi kesejahteraan keluarga.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/185 PELATIHAN BIMBINGAN TEKNIS STAF SUMBER DAYA MANUSIA (Administrasi Sumber Daya Manusia) BNSP 2023-12-01T10:46:51+07:00 Ina Sawitri Sawitri_Ina@yahoo.com <p>Pelatihan bimbingan teknis skema Staf SDM merupakan Program Pelatihan dan persiapan Sertifikasi untuk level staf di bidang Sumber Daya Manusia. Skema sertifikasi Okupasi Staf (Administrasi) Sumber Daya Manusia adalah skema sertifikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sertifikasi kompetensi kerja di Manajemen Sumber Daya Manusia. Skema Staf SDM disusun mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 149 Tahun 2020 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Kegiatan Kantor Pusat Dan Konsultasi Manajemen Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 297 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/186 PENGENALAN DIGITALISASI AKUNTANSI SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN AKSES PASAR BAGI PELAKU UMKM DI DESA PAGEDANGAN 2023-12-11T15:09:06+07:00 Rony Uncok Cahyadi ronyucahyadi@gmail.com Triana Zuhrotun Aulia tzahrotunaualia@gmail.com Fransisca Hanita Rusgowanto fransisca.hanita@binus.ac.id Amanah Hijriah amanah.hijriah@ekonomi.untan.ac.id Marismiati marismiati03@gmail.com Zaenal Afifi zaenal.afifi@umk.ac.id Ida Adhani adhani.dha25@gmail.com Nitri Merosea nitri.mirosea@uho.ac.id <p>Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya mendorong perkembangan usaha UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital. Salah satu langkah digitalisasi yang penting dilakukan adalah digitalisasi akuntansi yaitu proses pencatatan dan pelaporan keuangan yang semula berbasis tradisional berubah ke proses digital. Pentingnya digitalisasi akuntansi bagi UMKM adalah kebutuhan akan informasi keuangan yang akurat dan cepat untuk mengetahui perkembangan usaha mereka yang bisa diperoleh dari akuntansi berbasis digital. Mengapa harus berbasis digital? Karena proses akuntansi manual membutuhkan waktu dan proses yang panjang dalam pencatatan sampai menyusun laporan keuangan. Sedangkan akuntansi digital, saat transaksi dicatat, maka secara otomatis akan terangkum dalam database yang selanjutnya menghasilkan informasi keuangan, mulai buku besar (<em>ledger</em>) sampai dengan laporan keuangan seperti laba-rugi, laporan posisi keuangan (neraca). Desa Pagedangan memiliki UMKM yang diprakarsai oleh ibu-ibu warga RW 04 yang terdiri dari usaha minuman TOGA (tanaman obat keluarga), makanan/snack olahan, serta produk kerajinan tangan, dll. Selama ini proses pencatatan keuangan dilakukan dengan sederhana dibuku tulis dan hanya mencakup uang keluar dan masuk saja. Diharapkan dari kegiatan ini mendorong UMKM semakin melek teknologi digital dan mampu bersaing dan menghadapi tantangan bisnis di masa depan.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/187 PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI INOVATIF BERBASIS KECERDASAN BUATAN UNTUK MAHASISWA SEMESTER 1 STIE GICI BUSINESS SCHOOL 2023-12-12T14:01:10+07:00 Judianto Tjahjo Nugroho judianto.tn@gmail.com <p>Berdasarkan pembicaraan selama proses belajar mengajar, banyak mahasiswa yang tidak memahami tentang&nbsp; kecerdasan buatan (<em>Artificial Intelligence)</em>. Nama perangkat lunak (<em>software</em>)yang umum digunakan juga banyak yang baru mendengarnya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah agar mahasiswa lebih memahami in kecerdasan buatan dan kegunaannya. Kegiatan yang dilakukan adalah memberi pelatihan &nbsp;&nbsp;&nbsp;“Pembuatan Media Presentasi Inovatif Berbasi Kecerdasan Buatan”. Aplikasi yang digunakan adalah ChatGPT (Openai), Aria (Opera), Bard (Google), Perplexity, Wave Video.</p> <p>Kegiatan pelatihan ini sengaja diberikan kepada mahasiswa semester 1 (satu) yang <em>nota bene</em> masih akan sangat membutuhkan kemampuan mencari sumber pengetahuan lain diluar materi pembelajaran yang diberikan dosen pengajar mata kuliah dan mempresentasikan secara bai katas apa yang sudah dipelajari. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: (1) Mahasiswa memiliki gambaran tentang kecerdasan buatan. (2) Mahasiswa mampu menggunakan kecerdasan buatan secara baik dan benar. (3) Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam membuat media presentasi. (4) Mahasiwa menjadi lebih memiliki kemampuan daya saing dengan lebih mudah mendapatkan informasi tentang pengetahuan. Program PKM ini terlaksana sesuai rencana&nbsp;</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/188 PENGENDALIAN DOKUMEN SEBAGAI BAGIAN DARI SISEM INFORMASI AKUNTANSI DA MANAJEMEN 2023-12-12T14:06:29+07:00 Hans Victor Sitepu hans.sitepu@gmail.com <p>Setiap perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan nilai yang diperolehnya bagi para pemegang sahamnya. Setiap aktifitas yang dilakukan oleh Perusahaan merupakan bagian dari Upaya dan strategi yang ditempuh untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai hal dilakukan, termasuk diantaranya adalah dengan menstandarisasi setiap kegiatan yang dilakukannya, agar pengelolaan dari proses-proses (baik itu proses manajemen K3, lingkungan, dan lain-lain), dan interaksi antar proses tersebut dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan terkait dengan upaya standarisasi tersebut adalah dengan mengadopsi sebuah sistem manajemen mutu yang berstandar internasional ISO 9001:2015. Dengan mengadopsi sistem ini, perusahaan mengharapkan dapat terciptanya suatu sistem informasi akuntansi dan manajemen yang handal dan terpercaya. Dan salah satu peran kunci yang paling penting dalam proses adopsi system tersebut adalah Pengendali Dokumen. Pengendali dokumen merupakan tulang punggung dari sebuah system manajemen mutu yang dapat menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai berbagai tujuannya. Sayangnya, tidak semua Perusahaan memiliki Pengendali Dokumen yang terampil dan memiliki kemampuan yang baik. Untuk itulah dilakukan penyelenggaraan kegiatan pelatihan Pengendali Dokumen berbasis ISO 9001:2015 yang ditujukan bagi Perusahaan, terutama di sektor pertambangan, sebagai salah satu sektor sasaran dari CV Bara Indo Consulting selaku pihak penyelenggara utama yang bekerja sama dengan penulis sebagai bagian dari bentuk pengabdian penulis kepada Masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini pada akhirnya telah dapat memperkuat pemahaman, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan peran Pengendali Dokumen dalam perusahaan mereka.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/189 WORKSHOP PENGANTAR RESEARCH DAN ANALISIS DATA BANK DKI 2023-12-12T16:13:34+07:00 Heirunissa nissataslim.01@gmail.com <p>Riset yang berkualitas dan relevan dapat membantu bisnis untuk menghasilkan informasi yang akurat, objektif, dan bermutu untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang strategis dan inovatif. Industri perbankan adalah salah satu industri yang sangat dinamis dan kompetitif di era globalisasi dan digitalisasi ini. Data mentah ataupun data yang telah dianalisis dapat dikomunikasikan dengan cara yang tepat dengan teknik visualisasi data. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop visualisasi data untuk penelitian untuk industri perbankan bertujuan untuk menjadi kompetensi dasar bagi setiap individu yang ada di perusahaan yang berlandaskan pada manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi, sehingga dalam melakukan riset nantinya dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan, sasaran, metodologi, dan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan industri perbankan. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Bank DKI divisi grup sumber daya manusia departemen learning operation, cabang utama Juanda, Jakarta Pusat. Workshop dilaksanakan secara daring selama satu hari dengan metode pemberian materi dan demo software. Pelatihan ini diawali dengan teknik input data dan analisis data, teknik visualisasi data lalu dilanjutkan cara menyajikannya menjadi sebuah laporan riset. Hasil workshop ini terlihat peserta dapat memahami konsep, prinsip, dan proses riset yang berkualitas dan relevan serta mampu menentukan metode, sumber data, teknik analisis data, juga cara penyajian hasil riset sesuai dengan tujuan, sasaran, dan anggaran penelitian untuk industri perbankan maupun bisnis lainnya. Terakhir, peserta mampu menggunakan hasil riset tersebut untuk menyusun rekomendasi bisnis yang bermanfaat dan aplikatif untuk industri perbankan.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT