https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/issue/feed Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT 2024-06-03T14:57:58+07:00 Herman Susilo hersusilo72@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service Journal</em></strong> adalah Jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet):</em> <em>Community Service Journal</em> terbit untuk pertama kalinya pada Bulan November 2021. TPeT (<em>Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service Journal</em> memiliki <strong>ISSN Elektronik Nomor 3032-6265</strong> sesuai dengan <strong>SK Badan Riset Dan Inovasi Nasional Nomor 30326265/II.7.4/SK.ISSN/02/2024. TPet Journal </strong>memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu terkini di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, penyuluhan, pendampingan kelompok masyarakat, seminar, Kajian keagamaan, sosial, Budaya, keamanan pangan lokal, UMKM, Teknologi Tepat Guna, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, di tingkat Lokal maupun Nasional, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Dalam satu Tahun TPeT <em>(Where Theory, Practice, Experience &amp; Talent Meet): Community Service</em> Journal diterbitkan sebanyak 2 (dua) terbitan yaitu Bulan Mei dan November.</p> https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/243 PENDAMPINGAN LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF DI TK TIARA KINDERGARTEN SCHOOL BEKASI 2024-06-03T11:43:24+07:00 Sri Handayani sri1981handayani@gmail.com Bakti Toni Endaryono baktitoni@gmail.com Luluh Abdilah Kurniawan luluhabdilah@gmail.com <p>Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada guru TK Tiara Kindergarten School untuk dapat menyusun rencana pembelajaran dengan cepat dan efektif. Metode pelatihan yang digunakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan metode diskusi dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru dapat melakukan dengan beberapa langkah meliputi Mengkaji Silabus pada Kurikulum Nasional, Menentukan Tujuan, Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran, Penjabaran Jenis Penilaian, Menentukan Alokasi Waktu dan Menentukan Sumber Belajar.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/244 SEMINAR ONLINE REVOLUSI DAN INOVASI PENGEMBANGAN PRIBADI PESERTA DIDIK MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH 2024-06-03T11:53:26+07:00 Bakti Toni Endaryono baktitoni@gmail.com Agung Prasetyo agungprasetyo@gmail.com <p>Keberhasilan pembelajaran adalah keberhasilan peserta didik dalam membentuk pribadinya sesuai kompetensi dan mencapai tujuan serta keberhasilan guru dalam mengembangkan pribadi peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat melalui seminar online ini adalah untuk memberikan pemahaman / edukasi kepada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba tentang Revolusi dan inovasi pengembangan Pribadi Peserta Didik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian menggunakan metode ceramah secara online dengan pendekatan diskusi, teknis pelaksanaan pengabdian terbagi menjadi 3 tahapan yaitu Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah dari 30 Peserta seminar mendapatkan pemahaman dan mampu melaksanakan bagaimana cara mengembangkan pribadi peserta didik yang lambat dalam belajar dan bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/245 EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM 2024 KOTA BOGOR 2024-06-03T12:02:25+07:00 Heirunissa nissataslim.01@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Pemilihan Umum ini dilakukan secara terbuka, publik, bebas, rahasia, jujur, dan adil, dimana pengawasan diperlukan agar asas tersebut tercapai. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) adalah lembaga tetap yang bertanggung jawab untuk mengawasi Pemilu. Untuk menjamin Pemilu yang demokratis, masyarakat harus berpartisipasi, artinya, pengawasan tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu secara keseluruhan. Kepercayaan publik, legitimasi, tanggung jawab, dan kualitas layanan publik serta tingkat pencegahan pembangkangan publik sangat bergantung pada tingkat keterlibatan masyarakat. Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berbagai pihak termasuk penyelenggara Pemilu, peserta politik, dan akademisi, dapat berusaha meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan kesadaran politik. Sebagai generasi muda juga sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita memiliki peran penting dalam mengawasi proses demokrasi ke depan agar hasil Pemilu tetap berkualitas. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu adalah salah satu tugas untuk mencegah pelanggaran dan sengketa Pemilu. Oleh karena itu pentingnya kerjasama masyarakat sebagai bagian dari peran Ketua KPPS, anggota, saksi dan </em><em>Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) desa/kecamatan adalah ujung tombak dalam mengawal demokrasi dengan amanah besar untuk mewujudkan proses Pemilu yang jujur, adil dan berintegritas.</em></p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/246 PELAKSANAAN PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 OLEH KPPS (KELOMPOK PEMUNGUTAN DAN PENHITUNGAN SUARA) PADA TPS 100 (SERATUS) KELURAHAN TOMANG KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN JAKARTA BARAT 2024-06-03T13:39:01+07:00 Muhammad Aziz Winardi N aziz.winardi@gmail.com Haris Karyadi hariskaryadi@gmail.com <p>Pemilihan presiden dan wakil presiden adalah momen krusial dalam proses demokrasi sebuah negara. Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden yang berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 pada TPS 100 (seratus) Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen terkait</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/247 PELATIHAN PROGRAM KARTU PRAKERJA MENGIMPLETASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI PERENCANA KURIKULUM 2024-06-03T13:43:13+07:00 Ricky Rizkie ricyrizkie@gmail.com <p>Program Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang bertujuan agar masyarakat memiliki bekal berupa keahlian yang akan berguna bagi masyarakat. Salah satu keahlian yang di Pelatihkan adalah Keahlian dalam Mengimplementasikan Pembelajaraan Berdiferensiasi Bagi Perencana Kurikulum. Keahlian ini ditujukan untuk masyarakat yang tertarik kepada dunia pendidikan dan sebagai Tenaga pengajar. Harapan pemerintah dari kepelatihan Mengimplementasikan Pembelajaraan Berdiferensiasi Bagi Perencana Kurikulum di STUDiLMU agar masyarakat yang berminat terhadap profei Tenaga Belajar cepat mampu beradaptasi di praktek lapangan karena Pembelajaraan Berdiferensiasi Bagi Perencana Kurikulum merupakan landasan dari konsep merdeka belajar di Indonesia. Dengan terlibat sebagai tenaga pelatih dalam Pogram Kartu Prakerja merupakan suatu bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/248 PENGUATAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA GURU MELALUI PENGUATAN GROWTH MIDSET DALAM TRANSFORMASI SATUAN PENDIDIKAN 2024-06-03T13:46:14+07:00 Husen Sutisna husen.sutisna@stiegici.ac.id <p>Transformasi organisasisi dalah sebagai pembaruan seluruh organisasi yang menghubungkan beberapa subsistem organisasi seperti strategi, struktur, budaya, sistem manajemen dan kontrol. Perubahan organisasi mengacu pada proses dan praktik yang digunakan untuk memastikan bahwa organisasi dapat berhasil beradaptasi dengan perubahan dan memperoleh nilai yang diharapkan dari inisiatif perubahan tersebut. Dalam konteks pendidikan, transformasi bisa merujuk pada perubahan dalam metode pengajaran, kurikulum, teknologi pendidikan, atau infrastruktur pendidikan. Dalam proses transformasi tersebut sekolah banyak dihadapkan dengan berbagai kendala terutama dalam perubahan mindset guru, penyesuaian skill dan merubah budaya kerja. Oleh karena itu perlunya penguatan mindset terutama growth mindset agar guru mampu melakukan transformasi di sekolah masing-masing. Penguatan tersebut dilakukan dengan penyampaian materi pelatihan tentang pentingnya transformasi, pentingnya growth mindset dalam melakukan transformasi tersebut. Hasilnya Guru memahami bahwa <em>Growth mindset </em>lebih efektif dalam mengimplementasikan dan mendukung perubahan, lebih mampu beradaptasi dengan metodologi pengajaran baru, teknologi, dan pendekatan yang berfokus pada siswa, serta lebih siap untuk bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Sebaliknya, sedangkan guru dengan <em>Fixed mindset </em>merasa terancam oleh perubahan dan kurang aktif dalam mengambil inisiatif atau berkolaborasi, yang bisa menghambat proses transformasi dan inovasi dalam pendidikan.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/234 PENGENALAN ASPEK HUKUM BAGI PELAKU UMKM DI JAKARTA SELATAN 2024-05-24T06:38:50+07:00 Sentot Eko Baskoro mataneakik@gmail.com <p>Pengenalan seluk beluk konrak perjanjian pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya mendorong pelindungan usaha UMKM melalui kontrak yang multi tafsir maupun merugikan&nbsp; para pelaku UMKM itu sendiri. Salah satu langkah penulisan kontrak yang penting dilakukan adalah mengetahui landasan, susunan dan format kontrak yang menyesuaikan pada proses bisnis yang dilakukan. Pentingnya kontrak bagi UMKM adalah perlindungan dan kepastian hukum yang menjadi dasar penafsiran maupun tata laksana perikatan yang dilakukan oleh para pihak sehingga lebih mudah untuk menyatakan satu pihak melakukan wan prestasi beserta konsekuensinya. Di sisi lain, para pelaku UMKM yang sudah terlanjur mengalami perselisihan kontrak, maka penyelesaian perselisihan tersebut tidak selalu melalui litigasi saja, namun juga bisa menggunakan ADR (Alternative Dispute Resolution) maupun Gugatan Sederhana. PT Mandiri Sekuritas memiliki nasabah UMKM di wilayah Jakarta Selatan yang memerlukan penguatan pada pembuatan maupun pemahaman kontrak dan penyelesaian perselisihan yang seringkali merugikan mereka. Diharapkan dari kegiatan ini mendorong UMKM untuk mempersiapkann strategi manajemen yang lebih komprehensif dengan semakin sadar hukum sehingga tidak terjebak pada diksi hukum yang ada pada kontrak maupun perjanjian.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/249 PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN SEBAGAI ALAT BANTU PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH 2024-06-03T14:57:58+07:00 Judianto Tjahjo Nugroho judianto.tn@gmail.com <p>Berdasarkan pembicaraan selama proses belajar mengajar, banyak mahasiswa yang belum memahami tentang cara mendapatkan literatur yang sesuai dalam penulisan artikel, paper maupun skripsi. Nama perangkat lunak (<em>software</em>) kecerdasan buatan&nbsp; (<em>artificial intelegence</em>) yang umum digunakan juga banyak mahasiswa yang baru mendengarnya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah agar mahasiswa mudah menghasilkan karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yag berkualitas. Kegiatan yang dilakukan adalah memberi pelatihan &nbsp;&nbsp;&nbsp;“Penggunaan Kecerdasan Buatan Sebagai Alat Bantu Pembuatan Karya Tulis Ilmiah”. Aplikasi yang digunakan adalah Google Cendikia (Google Scholar), Mendeley Refference Manager, Mendeley Desktop dan ResearchRabbit.</p> <p>Kegiatan pelatihan ini sengaja diberikan kepada mahasiswa semester 6 (enam) yang akan sangat membutuhkan kemampuan mencari literatur diluar materi pembelajaran yang diberikan dosen pengajar mata kuliah agar dapat khususnya menghasilkan skripsi yang berkualitas.</p> <p>Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: (1) Mahasiswa memiliki gambaran tentang karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas. (2) Mahasiswa bisa mendapatkan ide atau inspirasi topik dan judul karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas . (3) Meningkatnya kemampuan dan kecepatan mahasiswa dalam menghasilkan karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas. (4) Mahasiwa menjadi lebih memiliki kemampuan daya saing dengan lebih mudah mendapatkan informasi tentang keadaan saat ini, Program PKM ini terlaksana sesuai rencana.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT