STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GUNA MENINGKATKAN MARKET SHARE PENJUALAN MOBIL TOYOTA DI PT. ASTRA INT AUTO 2000 BOGOR SILIWANGI

Authors

  • Abdul Ghofar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Ridwan Ibrahim Ariadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Keywords:

Strategi, Pengembangan Pasar, Market Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerepan strategi bauran pemasaran 4p (Produk, Harga, Promosi, Tempat), penghitungan pangsa pasar serta menganalisa sejauh mana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengetahui alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif penelitian ini dilaksanakan di PT Astra Internasional Auto 2000 Siliwangi Bogor. sumber data berupa data primer dan data sekunder. Penulis juga melakukan penelitian dengan cara observasi dan wawancara dengan beberapa supervisor, pimpinan perusahaan, dan karyawan perusahaan. Hasil analisa perhitungan pangsa pasar (market share) yang dicapai oleh PT. Astra Internasional Auto 2000 Bogor, menunjukkan bahwa rata-rata pertahun menurun sebesar -0.4%. Dimana untuk setiap tahunnya mengalami penurunan, faktor yang menyebabkan adanya penurunan pangsa pasar adalah karena perusahaan perusahaan pesaing yang semakin berkembang pesat. Hasil analisa SWOT nampak bahwa posisi strategi pemasaran mobil Toyota PT. Astra  Int Auto 2000 Bogor berada pada kuadran I, hal tersebut merupakan situasi yang menguntungkan di mana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik

Author Biography

Abdul Ghofar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Program Studi Magister Manajemen

References

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dikjaya, I., Djamaa, W., & Endaryono, B. T. (2022). Sistem Pembiayaan Leasing dan Bank Terhadap Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor. Sosio e-Kons, 14(1), 21-28. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i1.11671

Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., ... & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.

David, Fred. (2009). ”Manajemen Strategi” Dalam Auliana Nur Islami,(Eds.) Edisi ke-12. Jakarta : Salemba Empat, (Hal.80-82)

David, F. (2011). Manajemen Strategis - Konsep Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.327

Julianto, P. P. (2010). Analisis Strategi Pemasaran Mobil Truk Dyna Pada PT Astra Internasional Auto 2000 Cabang Bogor.

Kotler, Philip. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga

Siagian, Sondang P. (2016). Manajemen Statejik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sirait, Justine T. (2006). Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam. Organisasi. Jakarta:Grasindo

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sondang P. Siagian. (2016). Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara.

Published

2024-04-30

How to Cite

Ghofar, A., & Ariadi, R. I. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GUNA MENINGKATKAN MARKET SHARE PENJUALAN MOBIL TOYOTA DI PT. ASTRA INT AUTO 2000 BOGOR SILIWANGI. Global Intellectual Community of Indonesia Journal, 1(1), 12–24. Retrieved from https://journal.stiegici.ac.id/index.php/gici/article/view/236