STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA WWW.SIKUMIS.COM (E-COMMERCE PERTANIAN)
Keywords:
Studi Kelayakan, Bisnis, E-CommerceAbstract
Tujuan dari analisa dan penelitian ini adalah untuk mengatahui kelayakan bisnis www.sikumis.com. Fokus studi kelayakan bisnis ini adalah (1) Aspek Pemasaran, (2) Aspek Sumber Daya Manusia, (3) Aspek Operasional/Teknologi, (4) Aspek Hukum, dan (5) Aspek Keuangan. Hasil dari analisa setiap aspek ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan apakah www.sikumis.com layak dikembangkan atau perlu perbaikan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua aspek ini memiliki hasil yang cukup baik. Dari Aspek Pasar dan Pemasaran menunjukan bahwa target pasar dari sikumis.com memiliki prospek yang baik. Dari Aspek Sumber Daya Manusia hasilnya cukup baik namun masih perlu pengembangan dalam segi pengetahuan Teknologi Informasi.Dari Aspek Operasional/Teknologi memiliki hasil yang cukup baik karena didukung dengan fitur – fitur aplikasi web yang sangat membantu.baik konsumen maupun para mitra petani.Dari Aspek Hukum bisnis ini sudah berbadan hukum sebagai Perseroan Terbatas. Dari Aspek Keuangan nilai ROI 123.7% ini menunjukan bahwa kegiatan usaha sikumis.com berjalan dengan baik. Nilai IRR yang mencapai 153.5% menunjukan layaknya kegiatan bisnis sikumis.com, hal ini ditentukan dengan kemanfaatan nilai modal yang menghasilkan keuntungan hingga 153.5%. Nilai NPV adalah postitif dengan nilai Rp. 13.440.011.644. Nilai PP 0.65 dan niali BEP 3.659.081.960.
References
Akhmad, J. (2015). Aplikasi Pemasaran & Salesmanship. Edisi Keempat. Jakarta: Lentera
Ilmu Cendekia.
Fauzi, A. (2017). Pemasaran Internasional. Malang: Penerbit Empatdua.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Cetakan
Kedelapanbelas. Penerbit Bumi Aksara
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedelapan. Depok: PT.
Rajagrafindo Persada.
Kasmir & Jakfar. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan Keduabelas. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Kadarisman. (2014). Manajemen Kompensasi. Cetakan Kedua. Depok: PT. Rajagrafindo
Persada.
Kotler, P., & K. L. Keller. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. (Alih Bahasa Bob,
S). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muhammad, A. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Bandung:
Alfabeta.
Notoatmodjo, S. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Priansa, D. J. (2016). Perencanaan & Pengembangan SDM. Cetakan Kedua. Bandung:
CV. Alfabeta
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi
Informasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryono. (2015). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiono, S. & Edi. U. (2016). Analisa Laporan Keuangan Edisi Revisi. Jakarta Rajagrafindo