PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI MOBILE BANKING BSI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NASIONAL LAA ROIBA BOGOR
Keywords:
Kemudahan Transaksi, Kepuasan, Mobile BankingAbstract
Mobile banking adalah layanan perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Dengan mobile banking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan seperti transfer dana, pembayaran tagihan, cek saldo, dan lain-lain tanpa perlu datang ke kantor bank atau mesin ATM. Salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknomogi canggih ialah Mobile-banking yang memudahkan penggunanya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemudahan transaksi dengan kepuasan mahasiswa dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif, dengan sampel 71 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemudahan transaksi Mobile Banking berpengaruh positif dengan nilai thitung 7,647 > > ttabel 1,66724. Dan hasil uji koefisien determinasi hasil R Square = 0.459 atau 45,9%. artinya variabel kemudahan transaksi mempengaruhi variabel kepuasan mahasiswa dengan nilai 0.459 atau (45,9%), hal ini menunjukan kemudahan transaksi berpengaruh cukup berarti terhadap kepuasan mahasiswa
References
Adestyan, F. M. (2022). Pengaruh Keamanan, Kepuasan, Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pengguna BSI Net Bankingdi Bank Syariah Indonesia KCP Suropaticore Bandung. Jurnal Manajemen Ekonomi Syariah, 6(1), 53–61.
Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 269–283
Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh kemanfaatan, kemudahan keamanan, dan fitur m-banking terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi pada bank syariah indonesia (studi kasus BSI KCP sumenep). Alkasb: Journal of Islamic Economics, 1(1), 70-89.
https://doi.org/10.59005/alkasb.v1i1.163
Endaryono, B. T., & Ekawati, C. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA TRAVEL UMROH DAN HAJI PT. ALIFAH TOUR CABANG BOGOR. Jurnal GICI Jurnal Keuangan dan Bisnis, 15(1), 52-59. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.72
Endaryono, B. T., Prasetyo, A., & Kurniawan, L. A. (2023). Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah (IAI Nasional Laa Roiba Bogor). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 113-119. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.192
Hafizh, A., Rahma, T. I. F., & Jannah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking BSI Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(02).
https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5133
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2019). Kajian Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(1)
Ismanto, H., Widiastuti, A., Muharam, H., Pangestuti, I. R., & Rofiq, F. 2007. Perbankan Dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish.
Ridwan, M. (2020). Analysis of E-Banking Effect on the Services and Convenience. 6(2), 221– 243.
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction And Call Center Berdasarkan Iso 9001. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Cetakan Ke-19 Ed.). Bandung: Alfabeta