ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DI GRAMEDIA CABANG CENTRAL PARK

Penulis

  • Christina Ekawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Alfiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Analisa, Strategi Pemasaran, QSPM

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang berpengaruh terhadap Gramedia Cabang Central Park, merumuskan berbagai alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi yang sesuai dengan kondisi Gramedia Cabang Central Park.. Metode yang digunakan dalam metode penelitian ini adakah QSPM (Quantitative Startegy Planning Matrix) yaitu sebuah metode untuk menentukan prioritas alternatif strategi yang diperoleh dari analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat ) Analisis data yang digunakan adalah analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari Matriks IFE adalah total skor sebesar 2.65 dan Matriks EFE sebesar 2.37 menempatkan Gramedia Central Park pada posisi kuadran V, maka startegi yang dapat dilaksanakan pada kuadran V adalah Hold and Maintain (pertahankan dan memelihara), yaitu dengan melaksanakan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil penilaian prioritas strategi melalui QSPM, startegi yang sebaiknya diprioritaskan pertama kali adalah meningkatkan promosi dan publisitas Gramedia dengan nilai TAS 5.04.

Referensi

Abdurrahman, N, H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Abdullah, T,. & F, Tantri. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke limabelas. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

David, F. R. (2017). Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

Endaryono, B., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3 (1), 124-136. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.327

Fauzi, & R., Irviani. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Kurnia, I. (2014). Pengantar Bisnis. Tanggerang: PT. Pustaka Mandiri.

Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing. Yogyakarta: Penerbit QUADRAN.

Kotler,P., & K.L., Keller. (2015) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wijayanti, T. (2018). Marketing Plan Dalam Bisnis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Ekawati, C., & Alfiah, D. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DI GRAMEDIA CABANG CENTRAL PARK. Global Intellectual Community of Indonesia Journal, 1(1), 40–51. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/gici/article/view/238