PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IKAN HIAS DI ACENK PREDATOR FISH
Kata Kunci:
Promosi, Kualitas Produk, Pelayanan, Keputusan Pembelian.Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Promosi, Kualitas Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian produk ikan hias di Acenk Predator Fish. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atas populasi untuk mewakili seluruh populasi. Dengan menyebarkan kuesioner. Model analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara insidental sampling. Adapun sampel yang diambil berjumlah 84 responden.
Hasil uji regresi menunjukan bahwa 56,6% faktor-faktor Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Promosi, Kualitas Produk dan Pelayanan sedangkan sisanya 43,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel Promosi, Kualitas Produk dan Pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung= 37,003 > dari Ftabel= 2,720. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel Promosi dengan hasil analisi thitung (3,483), variabel Kualitas Produk dengan hasil analisis thitung (3,407), variabel Pelayanan dengan hasil analisis thitung (3,434) dimana ttabel (2,830), maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ikan hias di Acenk Predator Fish.
Referensi
Arraniri, I., & D. Harjadi. (2021). Experiental Marketing Dan Kualitas Produk Dalam Kepuasan
Pelanggan Generasi Milenial. Cetakan 1. Cirebon: Pernerbit Insania.
Dikjaya, I., Djamaa, W., & Endaryono, B. T. (2022). Sistem Pembiayaan Leasing dan Bank
Terhadap Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor. Sosio e-Kons, 14(1), 21-28.
Daga, R. (2019). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan 1. Makassar:
Penerbit Global Research And Consulting Institute.
Dahlan, A., & A. N. Tantiono. (2023). Analisis Faktor Psikologis, Harga, Dan Pelayanan Dalam
Mengambil Keputusan Pembelian Ikan Guppy Pada Era Pandemi Covid-19 Di Solo Raya.
Prodi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta – Indonesia.
Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2021). Pengaruh biaya promosi dan kebijakan penetapan
harga terhadap peningkatan penjualan (Studi pada PT Granitoguna Building Ceramics).
Sosio e-Kons, 13(1), 10-18.
Fakhrudin, A., M. V. Roellyanti., Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit
Deepublish.
Faraz, H. A. (2021). Penilaian Kontes Ikan Hias. Surabaya: Penerbit Network.id.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Surabaya: Penerbit CV. Qiara
Media.
Hardani., N. H. Auliya., H. Andriani., R. H. Fardani., J. Ustiawaty., E. F. Utami., D. J. Sukmana.,
& R. R. Istiqomah. (2020). Cetakan 1. Mataram. Penerbit: CV. Pustaka Ilmu Group
Yogyakarta.
Hersona, S. G., Muslihat, A., & Setyawan, T. (2019). Analisis Bauran Promosi terhadap
Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang. Jurnal
Manajemen, X(3), 1149-1159
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P. dan Gary Armstrong. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. dan K. L. Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks.
Kurniawan. D., & Tukidi. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Ikan Hias Air Tawar Pada Toko Rahmat Akuarium, Pondok Aren Tangerang
Selatan. Dosen Tetap. STIE Bhakti Pembangunan Jakarta