IN-HOUSE TRAINING DALAM RANGKA MENJADI NARASUMBER DALAM PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 “CV ESBEMART” KUNINGAN JAWA BARAT
Abstrak
Organisasi yang sukses adalah organisasi yang senantiasa fokus kepada kebutuhan dan keinginan pelanggan, oleh karena itu diperlukan komitmen top manajemen dan seluru karyawan untuk senantiasa menjaga dan memahami pentingnya mutu produk / jasa yang dihasilkan. Untuk menjamin bahwa produk / jasa yang dihasilkan sesuai dengan tujuan organisasi diperlukan adanya sistem manajemen yang menjamin mutu tetap terjaga, konsisten dan memenuhi persyaratan pelanggan.
Untuk itu perusahaan memerlukan adanya training bagi karyawan khususnya leader (Manajer/karyawan Senior) untuk membuka wawasan mereka agar mengetahui pentingnya penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 agar perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor sejenis.
Total peserta yang mengikuti training ini sebanyak 20 orang dengan jabatan Leader / Manajer Divisi. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini yaitu berupa Observasi dan Pendampingan yang terdiri dari sosialisasi serta perbincangan yang termasuk didalamnya tanya jawab diskusi, dan evalusi. Kegiatan PKM ini memberikan dampak yang positif. Terhadap pembawaan materi dari pembicara ( Narasumber ) untuk membuka wawasan pentingnya penerapan Sistem Manajemen Mutu. Hasil analisis data respon peserta terhadap pelaksanaan kegiatan In-House Training Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 95.0% peserta sangat setuju dengan Implementasi ISO 9001:2015 serta merespon baik saat kegiatan berlangsung dengan adanya tanya jawab serta pembicaraan antara Narasumber dengan perserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Referensi
International Organization for Standarization. “ISO 9001:2015”, dari iso.org
Purnama, N.2005. Tinjauan Kritis Terhadap Implementasi ISO 9000. Jurnal Siasat Bisnis. Vol.2, No.10, h. 163-178