PELAYANAN PRIMA (FOOD AND SERVICE PROTOKOLER) PADA KANTOR OJK

Penulis

  • Catik Yustina Mart Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pelayanan, Lembaga Non Profit, Fokus Group Diskusi

Abstrak

Perubahan pada aspek layanan merupakan suatu keharusan untuk selalu memberikan yang terbaik hingga terbentuk citra dari lembaga yang positif dan sesuai dengan nilai-nilai yang dicanangkan lembaga tersebut. Dalam konsep layanan, aspek-aspek pengelolaan produk, sistem dan people akan menghasilkan kepuasaan pelanggan, baik internal maupun eksternal. Hal ini seringkali luput dan terabaikan dari perhatian, yang mana  adalah bagian-bagian dari tugas pemberi layanan yang seringkali diasumsikan bukan merupakan core business.

Sebuah pelayanan tidak membatasi dengan profit ataupun non profit. Untuk suatu lembaga atau organisasi non profit dimana lembaga tersebut tidak mengkhususkan atau tidak bertujuan untuk mencari keuntungan secara finansial, melainkan menjalankan konsep pelayanan sesuai dengan Paradigma Pelayanan. Food and Service Revolution adalah bagian dari sebuah program yang bersifat aplikatif, yang mana dalam workshop ini menegaskan kembali bahwa pelayanan adalah bagian dari sebuah aset lembaga itu sendiri, dan juga implementasi dari keprotokolan yang akan selalu menerima tamu-tamu penting dan menyelengarakan acara-acara yang diadakan oleh lembaga tersebut. Pelatihan ini menggunakan pendekatan berupa Fokus Grup Diskusi dan juga Simulasi.

Referensi

Boediono, Pelayanan Prima Perpajakan, Jakarta Rineka Cipta (2003)

Freddy Rangkuti, 2017. Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima

Sinambela Lijan Poltak, , Reformasi Pelayanan Publik, teori, kebijakan, dan implementasi, Jakarta Bumi Aksara, (2011)

Sedarmayanti, Reformasi Administrasi Publik, reformasi birokrasi, dan kepemimpinan masa depan, mewujudkan pelayanan prima dan pemerintahan yang baik, Bandung Refika Aditama (cetakan ke 4, 2017)

Suwithi (Frimayasa & Administrasi, 2017)

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-29

Cara Mengutip

Yustina Mart, C. (2022). PELAYANAN PRIMA (FOOD AND SERVICE PROTOKOLER) PADA KANTOR OJK. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 2(2), 68–72. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/110 (Original work published 29 April 2023)