PENDAMPINGAN PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UMKM TOKO KELONTONG BAPAK IPIN DESA LEUWIMEKER KECAMATAN LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Abdul Ghofar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • bakti Toni Endaryono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Herman Susilo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pendampingan, Perencanaan, Pengelolaan keuangan

Abstrak

Dalam melaksanakan suatu usaha tentu butuh adanya perencanaan keuangan, di mana perencanaan keuangan tersebut sanggup menggapai suatu tujuan kehidupan yang lebih baik, dengan proses perencanaan pelaku usaha untuk membuat rincian susunan manajemen keuangan guna menggapai tujuan tersebut. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan secara khusus kepada pelaku UMKM untuk dapat membuat perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk dapat meningkatkan usaha dan mendapatkan keuantungan. Metode pengabdian masyarakat dengan pendekatan FGD, dengan empat tahapan sosialisasi program, pemetaan usaha melalui FGD, kegiatan pendampingan dan penyusunan laporan kegiatan, strategi pengabdian dengan menggambarkan konsep perencanaan dan system keuangan usaha. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatnya pendapatan usaha UMKM Toko kelontong dengan perencanaan dan system keuangan yang baik sehingga menjadi motivasi para UMKM masyarakat disekitar khususnya warga desa Lewikemar.

Referensi

Amah, N., Murwani, J., Pambudi, D. A., Mardiyah, A., Romadhini, S. S., & Gustama, R. A. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANEJEMEN KEUANGAN UMKM DI DESA SUKOREJO, KECAMATAN SARADAN, KABUPATEN MADIUN. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26-37.

Jamil, M., Mutmainnah, D., & Azizah, M. (2021). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 196-207.

Layyinaturrobaniyah, L., & Muizu, W. O. Z. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro di Desa Purwadadi Barat dan Pasirbungur Kabupaten Subang. PEKBIS, 9(2), 91-103.

Mariana, N., Utomo, A. P., Purwatiningtyas, P., & Andraini, F. (2020). Pendampingan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM Kota Semarang. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 130-136.

Meikhati, E., Okfitasari, A., Wahyuningsih, R., & Oktaviyanti, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Profesionalitas Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Lintang Kejora Gift di Surakarta. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Ghofar, A., Toni Endaryono, B., & Susilo, H. (2022). PENDAMPINGAN PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UMKM TOKO KELONTONG BAPAK IPIN DESA LEUWIMEKER KECAMATAN LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 1(2), 39–44. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/151 (Original work published 30 April 2022)