PELATIHAN DAN PEMBINAAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA CV KREASI KERAMIK

Penulis

  • Aries Zuswana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Nurul Fahmi Firmansah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Pelatihan, Pendampingan, Kompetensi Pegawai

Abstrak

Pelatihan dan pembinaan merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia yang berkaitan dengan kemampuan atau keterampilan pegawai atau karyawan yang telah menduduki suatu jabatan atau pekerjaan tertentu di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas pegawai pada Cv Jaya Kreasi keramik melalui kegiatan pelatihan dan pembinaan kompetensi. Metode kegiatan pengabdian masyarakat adalah dengan metode Coaching atau Mentoring  dengan teknik simulasi dan diskusi Group, kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 25 karyawan pada 1 departemen Cutting pada Cv Jaya Kreasi keramik. Hasil dari kegiatan ini adalah masih ada karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya belum optimal dikarenakan beberapa factor diantaranya factor usia dan penurunan tingkat komitmen dalam melaksanakan pekerjaanya dengan 3 indikator yaitu keterampilan, citra diri dan pengetahuan.

Referensi

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 4, pp. 804-812).

Afni can, Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Nagari. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 4(1), 1–26.

Juwita, R. (2019). Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Pada Pegawai BPS Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(1), 1–11.

Rahayu, K. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Ekonomia, 6(1), 177–182

Rahmayani, A., & Putra, H. O. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank Mandiri Business Banking Area Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 1-14.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Zuswana, A. ., & Fahmi Firmansah, N. (2022). PELATIHAN DAN PEMBINAAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA CV KREASI KERAMIK. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 1(2), 45–48. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/152 (Original work published 30 April 2022)