PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM SEBGAI PENINGKATAN PENDAPATAN DI KELURAHAN PONDOK JAYA DEPOK

Penulis

  • Christina Ekawati
  • Elsa Feryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pelatihan Digital Marketing. UMKM, Promosi dan Pemasaran

Abstrak

Pelatihan Digital marketing adalah kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan jalur digital guna meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang telah beroperasi di pasar global. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM serta menginspirasi para peserta untuk memasarkan produknya secara online dengan menggunakan konten promosi yang menarik dan  teknik optimalisasi penggunaan layanan promosi berbayar dalam upaya meningkatkan penjualan. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan metode Asset-based Community Development (ABCD) dimana metode ini merupakan salah satu pendekatan dalam pengembangan masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan melihat potensi diri masyarakat untuk meningkatkan kemampuan.  Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dari 10 jumlah peserta pelaku UMKM ada 6 pelaku UMKM yang sudah bisa menggunakan teknologi promosi dengan media Whatsaapp Business, Design Grafis dengan Canva, serta 2 pelaku UMKM dapat menggunakan media Instagram Ads.

Referensi

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.

Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381.

Saudah, S., Adi, D. S., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui pelatihan digital marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371.

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Ekawati, C. ., & Feryanti, E. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM SEBGAI PENINGKATAN PENDAPATAN DI KELURAHAN PONDOK JAYA DEPOK . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 1(2), 49–53. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/153 (Original work published 30 April 2022)