PENDAMPINGAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN DI WARUNG NIZAM DESA CILEBUT BARAT

Penulis

  • Ahmad Subagyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Tami Sucirat Cristiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pencatatan Laporan Keuangan , Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini yang di dengan judul Pendampingan Pencatatan Lporan Kuuangan di Warung Nizam Desa Cilebut Barat, dengan metode Kegiatan dalam pengabdian ini berbentuk pelatihan dan penerapan dalam pembukuan keuangan mengunakan akuntansi kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yaitu Warung Nizam yang berada di Cilebut Barat.

Evaluasi dalam kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu:

Tahap perencanaan kegiatan, Tim pelaksana dengan para mahasiswa pada awal kegiatan mengunjungi pelaku UMKM di Kelurahan Cilebut Barat. Selanjutnya tim pelaksana menuju sasaran pelatihan ini adalah pelaku UMKM Warung sembako

Tahap kedua selama proses kegiatan, Evaluasi pada tahap ini ditujukan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta pelatihan disertai umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan dari kami mahasiswa yang telah mendapatkan transfer pengetahuan terkait kewirausahaan dan strategi bisnis serta pemasaran produk serta pencatatn keuangan yang baik dan benar mengunakan meode akuntansi. Tahap akhir kegiatan, Evaluasi pada akhir kegiatan ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan dari seluruh program pelatihan. Adapun indikator keberhasilan dari kegiatan ini ditetapkan 80% peserta dalam kegiatan pelatihan ini dapat memahami tekhnik kewirausahaan dan pencatatan keuangan yang baik dan benar  yang akan digunakan untuk mencatat barang yang terjual dan keuntugan yang didapatkan. Dari hasil pengabdian ini masyarakat mendapatkan pemahaman tentang manajemen keuangan dan dapat memahami tentang pembukuan dana secara akuntansi secara sederhana, serta dapat menghitung pendapatan bersih penghasilan perminggu atau perbulan.

Referensi

Budiman Raymond. (2021). Rahasia Analisis Fundamental Saham (Edisi revi).

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Murhadi, Werner R., (2019), Analisis Laporan Keuangan: Proyeksi dan Valuasi Saham, Cetakan ke-3, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12160

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Subagyo, A., & Sucirat Cristiningsih, T. (2022). PENDAMPINGAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN DI WARUNG NIZAM DESA CILEBUT BARAT. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 1(2), 62–67. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/156 (Original work published 30 April 2022)