PENDAMPINGAN UMKM AGRO WISATA YASMIN PROJECT DI KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Christina Ekawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • R Deni Fajar Fitriansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pendampingan, UMKM, AGRO Wisata Yasmin

Abstrak

Pendampingan UMKM adalah sebuah upaya membantu, mengarahkan dan mendukung terhadap individu/kelompok UMKM, melalui perumusan masalah, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dalam pengembangan usahanya. Tujuan pendampingan masyarakat ini adalah untuk mendampingi para UMKM yang ada di AGRO Wisata yasmin untuk dapat meningkatkan pendapatanya. Metode pendampingan ini menggunakan pendekatan partisipatif, menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) dimana metode ini merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ini menekankan pada strategi pengembangan produk UMKM. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM yang ada di AGRO Wisata Yasmin meningkat pendapatanya melalui strategi pengembangan produk.

Referensi

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313-322.

Prasaja, M., Susiloningsih, N., Novitasari, R., Andriani, N., & Yunanto, F. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Desa bLIMBING, kABUPATEN Kediri. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 834-840.

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), 40-49.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Ekawati, c, & Fajar Fitriansyah, R. D. (2022). PENDAMPINGAN UMKM AGRO WISATA YASMIN PROJECT DI KABUPATEN BOGOR. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 2(1), 1–5. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/159