PENDAMPINGAN PROGRAM SANTUNAN ANAK YATIM DI CIAWI BOGOR

Penulis

  • Abdul Ghofar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Moh. Akhirudin Ismail Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pendampingan, Anak Yatim Piatu, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemberian motivasi kepada anak-anak yatim di Ciawi Bogor. Pelaksanaan kegiatan mendatangi yayasan yatim piatu secara langsung untuk melakukan pendataan jumlah anak yatim piatu binaan, dan observasi terhadap lingkungan tempat tinggal anak yatim. Jumlah anak yatim yang terdata adalah 30 orang dengan rincian.  Sumber dana yang di miliki Yayasan berasal dari sumbangan para donator. Kegiatan ini menghasilkan pemahaman bagi anak-anak untuk menempuh jenjang Pendidikan formal. Materi yang diberikan meliputi: motivasi untuk belajar pada Pendidikan formal, dan penyusunan rencana studi termasuk membuat buku tabungan studi dan agenda belajar. Pada kegiatan pemberian materi ini juga di sisipkan kegiatan diskusi dan tanya jawab terhadap anak-anak yatim piatu, seperti kelas, dan cita-cita. Anak-anak yatim piatu berebut untuk memberikan jawaban, kemudian secara bergilirian narasumber menunjuk anak yang sudah mengangkat tangan. Hasilnya anak-anak yatim piatu lebih termotivasi dan antusias dalam menyusun agenda studi yang di dalamnya dibahas tentang cara mengatur jadwal belajar, menabung untuk rencana studi, memilih sekolah impian, dan sebagainya. Setelah selesai materi, selanjutnya adalah pemberian angket motivasi kepada anak-anak yatim piatu. Hasil angket motivasi tersebut terdapat pada tabel.

Referensi

Firdauz, Muhammad Irfan, Dahsyatnya Berkah Menyantuni Anak Yatim, Yogyakarta: Pustaka Albana, 2012

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Mediaa.

Trahati, MR. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: FKIP UNY. Diakses pada 21 Oktober 2016, pukul 14:48 (http://eprints.uny.ac.id/24678/1/SKRIPSI%20Melia%20Rimadhani%20Trah ati%20NIM%2011108244080.pdf).

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Ghofar, A., & Ismail, M. A. (2022). PENDAMPINGAN PROGRAM SANTUNAN ANAK YATIM DI CIAWI BOGOR. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 2(1), 15–19. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/162