PENYAMPAIAN MATERI PENGENALAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PROGRAM PESANTREN KILAT SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI

Penulis

  • Jahani
  • Nurul Fahmi Firmansah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Abstrak

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat maksimal. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada para siswa dan siswi di SMK Bistek (Bisnis dan teknologi ) Jatiasih Bekasi. Metode kegiatan pendampingan masyarakat kegiatan penyampaian materi pengenalan manajemen sumber daya manusia adalah dengan metode ceramah dengan pendekatan langsung pada kegiatan program pesantren kilat dengan diskusi kelompok. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMK Bistek Jl. Cikunir Raya No.01, RT.001/RW.002, Jaka Mulya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17146. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah peserta mampu memahami, mengerti dan mengaplikasikan manajemen sumber daya manusia dengan baik dengan dipraktikan peserta berperan menjadi seorang pemimpin perusahaan, organisasi Pendidikan dan sebagai karyawan.

Referensi

Arraniri, I., Firmansyah, H., Wiliana, E., Setyaningsih, D., Susiati, A., Megaster, T., ... & Arif, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Insania.

Nawawi, H. (2001). Manajemen sumber daya manusia.

Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 113-124.

Sastrohadiwiryo, Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Jahani, & Fahmi Firmansah, N. (2022). PENYAMPAIAN MATERI PENGENALAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PROGRAM PESANTREN KILAT SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 2(1), 35–38. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/166