PENGENALAN DIGITALISASI AKUNTANSI SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN AKSES PASAR BAGI PELAKU UMKM DI DESA PAGEDANGAN

Penulis

  • Rony Uncok Cahyadi STIE GICI
  • Triana Zuhrotun Aulia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Fransisca Hanita Rusgowanto Universitas Bina Nusantara
  • Amanah Hijriah Universitas Tanjungpura
  • Marismiati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Zaenal Afifi Universitas Muria Kudus
  • Ida Adhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bhakti Pembangunan
  • Nitri Merosea Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.186

Kata Kunci:

Akuntansi, Digital, Laporan Keuangan

Abstrak

Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya mendorong perkembangan usaha UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital. Salah satu langkah digitalisasi yang penting dilakukan adalah digitalisasi akuntansi yaitu proses pencatatan dan pelaporan keuangan yang semula berbasis tradisional berubah ke proses digital. Pentingnya digitalisasi akuntansi bagi UMKM adalah kebutuhan akan informasi keuangan yang akurat dan cepat untuk mengetahui perkembangan usaha mereka yang bisa diperoleh dari akuntansi berbasis digital. Mengapa harus berbasis digital? Karena proses akuntansi manual membutuhkan waktu dan proses yang panjang dalam pencatatan sampai menyusun laporan keuangan. Sedangkan akuntansi digital, saat transaksi dicatat, maka secara otomatis akan terangkum dalam database yang selanjutnya menghasilkan informasi keuangan, mulai buku besar (ledger) sampai dengan laporan keuangan seperti laba-rugi, laporan posisi keuangan (neraca). Desa Pagedangan memiliki UMKM yang diprakarsai oleh ibu-ibu warga RW 04 yang terdiri dari usaha minuman TOGA (tanaman obat keluarga), makanan/snack olahan, serta produk kerajinan tangan, dll. Selama ini proses pencatatan keuangan dilakukan dengan sederhana dibuku tulis dan hanya mencakup uang keluar dan masuk saja. Diharapkan dari kegiatan ini mendorong UMKM semakin melek teknologi digital dan mampu bersaing dan menghadapi tantangan bisnis di masa depan.

Referensi

https://banten.tribunnews.com/2020/09/20/ada-200-jenis-tanaman-obat- tradisional-ini-wisata-taman-toga-terbesar-di-banten?page=all.

Penulis: Zuhirna Wulan Dilla | Editor: Abdul Qodir

Firmansyah, A., Zulfa, A. M., Prastica, A. E., Nabila, A. A., Aji, A. R. P., Lukyani, C.H., Amallia, E. N., Arifah, L., Andi, M. R., & Dewi, N. W. P. (2021). Edukasi Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan UMKM X Di Era Pandemi Covid 19. Pengmasku, 1(1), 1–7

Julianto, I. P., Wiguna, I. G. N. H., & Yasa, I. N. P. (2022). Analysis of the Digitalization of Accounting Information Systems in Supporting the Sustainability of MSMEs During the Pandemic (Study on MSMEs in Buleleng Regency). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(04), 1277–1284.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Cahyadi, R. U., Zuhrotun Aulia, T., Hanita Rusgowanto , F., Hijriah, A., Marismiati, Afifi, Z., Adhani, I., & Merosea, N. (2024). PENGENALAN DIGITALISASI AKUNTANSI SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN AKSES PASAR BAGI PELAKU UMKM DI DESA PAGEDANGAN. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.186 (Original work published 30 November 2023)