PENGENDALIAN DOKUMEN SEBAGAI BAGIAN DARI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN

Penulis

  • Hans Victor Sitepu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.188

Kata Kunci:

Pengendali Dokumen, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen.

Abstrak

Setiap perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan nilai yang diperolehnya bagi para pemegang sahamnya. Setiap aktifitas yang dilakukan oleh Perusahaan merupakan bagian dari Upaya dan strategi yang ditempuh untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai hal dilakukan, termasuk diantaranya adalah dengan menstandarisasi setiap kegiatan yang dilakukannya, agar pengelolaan dari proses-proses (baik itu proses manajemen K3, lingkungan, dan lain-lain), dan interaksi antar proses tersebut dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan terkait dengan upaya standarisasi tersebut adalah dengan mengadopsi sebuah sistem manajemen mutu yang berstandar internasional ISO 9001:2015. Dengan mengadopsi sistem ini, perusahaan mengharapkan dapat terciptanya suatu sistem informasi akuntansi dan manajemen yang handal dan terpercaya. Dan salah satu peran kunci yang paling penting dalam proses adopsi system tersebut adalah Pengendali Dokumen. Pengendali dokumen merupakan tulang punggung dari sebuah system manajemen mutu yang dapat menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai berbagai tujuannya. Sayangnya, tidak semua Perusahaan memiliki Pengendali Dokumen yang terampil dan memiliki kemampuan yang baik. Untuk itulah dilakukan penyelenggaraan kegiatan pelatihan Pengendali Dokumen berbasis ISO 9001:2015 yang ditujukan bagi Perusahaan, terutama di sektor pertambangan, sebagai salah satu sektor sasaran dari CV Bara Indo Consulting selaku pihak penyelenggara utama yang bekerja sama dengan penulis sebagai bagian dari bentuk pengabdian penulis kepada Masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini pada akhirnya telah dapat memperkuat pemahaman, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan peran Pengendali Dokumen dalam perusahaan mereka.

Referensi

Badan Standardisasi Nasional. (2015). Sistem manajemen mutu – Persyaratan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Cognoscenti Consulting Group. (2020). Standar Internasional Iso 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu - Persyaratan. Yogyakarta: Cognoscenti Consulting Group.

Coursera. (2023, November 30). What Is Management Information Systems (MIS)? Your Career Guide. Retrieved from https://www.coursera.org: https://www.coursera.org/articles/management-information-system

Prasetyo, S. D., Irawan, B., & Apriani, F. (2020). Penerapan Standar ISO 90012015 Sistem Manajemen Mutu Pada PT PLN (Persero) UPDK Mahakam UL PLTGU Tanjung Batu. Jurnal Paradigma, 9(1), 1-8. doi:10.30872/jp.v9i1.4398

Redi, A. A., & Putra, I. N. (2021, April 7). ISO 9001:2015 Pengantar Standar Manajemen Mutu. Retrieved from https://mie.binus.ac.id: https://mie.binus.ac.id/2021/04/07/iso-90012015-pengantar-standar-manajemen-mutu/

Romney, M. B., Steinbart, P. J., Summers, S. L., & Wood, D. A. (2021). Accounting Information Systems. Harlow: Pearson Education Limited.

Setyawan, A. P., & Suryanto, M. H. (2018). Study Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Kontraktor PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung dalam Proyek Pembangunan Transmart Carrefour Sidoarjo. Jurnal Rekats, 3(3), 1-11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/rekayasa-teknik-sipil/article/view/26024

Yurnalisdel, & Iskandar, I. (2022, 12 9). 2022 - Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 90012015 Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan. COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), 2(8), 1219-1229. doi:DOI:10.36418/comserva.v2i08.464

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Victor Sitepu, H. (2024). PENGENDALIAN DOKUMEN SEBAGAI BAGIAN DARI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.188 (Original work published 30 November 2023)