WORKSHOP PENGANTAR RESEARCH DAN ANALISIS DATA BANK DKI

Penulis

  • Heirunissa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.189

Kata Kunci:

Problem Statement, Research Framework, Populasi dan Sampel, Analisis Data, Laporan Hasil Riset

Abstrak

Riset yang berkualitas dan relevan dapat membantu bisnis untuk menghasilkan informasi yang akurat, objektif, dan bermutu untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang strategis dan inovatif. Industri perbankan adalah salah satu industri yang sangat dinamis dan kompetitif di era globalisasi dan digitalisasi ini. Data mentah ataupun data yang telah dianalisis dapat dikomunikasikan dengan cara yang tepat dengan teknik visualisasi data. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop visualisasi data untuk penelitian untuk industri perbankan bertujuan untuk menjadi kompetensi dasar bagi setiap individu yang ada di perusahaan yang berlandaskan pada manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi, sehingga dalam melakukan riset nantinya dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan, sasaran, metodologi, dan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan industri perbankan. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Bank DKI divisi grup sumber daya manusia departemen learning operation, cabang utama Juanda, Jakarta Pusat. Workshop dilaksanakan secara daring selama satu hari dengan metode pemberian materi dan demo software. Pelatihan ini diawali dengan teknik input data dan analisis data, teknik visualisasi data lalu dilanjutkan cara menyajikannya menjadi sebuah laporan riset. Hasil workshop ini terlihat peserta dapat memahami konsep, prinsip, dan proses riset yang berkualitas dan relevan serta mampu menentukan metode, sumber data, teknik analisis data, juga cara penyajian hasil riset sesuai dengan tujuan, sasaran, dan anggaran penelitian untuk industri perbankan maupun bisnis lainnya. Terakhir, peserta mampu menggunakan hasil riset tersebut untuk menyusun rekomendasi bisnis yang bermanfaat dan aplikatif untuk industri perbankan.

Referensi

Creswell, J. W. 2014. Riset Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA : Sage.

Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C.M. 2019. When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM. European Business Review, 31, 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hofmann, F. and Jaeger‐Erben, M., 2020. Organizational transition management of circular business model innovations. Business strategy and the environment, 29(6), pp.2770-2788.

Kotler, P. and Keller, K. 2014. Marketing Management. 15th Edition, Prentice Hall, Saddle River.

Lunenburg. 2010. “School Fasilities Management. National Forum Of Educational”. Administration & Supervision Journal. Volume 27, Number 4, 2010.

Saunders, M.N.K., Lewis, P. and Thornhill, A. (2019) Riset Methods for Business Students. 8th Edition, Pearson, New York.

Zikmund W. G. Babin B. J. Carr J. C. & Griffin M. 2013. Business Riset methods (Ninth edition International). South-Western.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Heirunissa. (2024). WORKSHOP PENGANTAR RESEARCH DAN ANALISIS DATA BANK DKI. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(1), 40–58. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i1.189 (Original work published 30 November 2023)