PENDAMPINGAN LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF DI TK TIARA KINDERGARTEN SCHOOL BEKASI

Penulis

  • Sri Handayani Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor
  • Bakti Toni Endaryono Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor
  • Luluh Abdilah Kurniawan Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.243

Kata Kunci:

Pendampingan, Penyusunan rencana pembelajaran, Cepat dan Efektif

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada guru TK Tiara Kindergarten School untuk dapat menyusun rencana pembelajaran dengan cepat dan efektif. Metode pelatihan yang digunakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan metode diskusi dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru dapat melakukan dengan beberapa langkah meliputi Mengkaji Silabus pada Kurikulum Nasional, Menentukan Tujuan, Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran, Penjabaran Jenis Penilaian, Menentukan Alokasi Waktu dan Menentukan Sumber Belajar.

Referensi

Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2021). Pendampingan penyusunan rpp “satu halaman” bagi guru sekolah dasar. Intan Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-14.

Indrayono, H. (2022). Bimbingan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 93-101. DOI: https://doi.org/10.56916/jipi.v1i2.184

Multahada, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pembelajaran Kurikulum 2013 Bagi Guru Paud. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 155-161. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1735

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17-25. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sulastini, R., Irnawati, R., Agustini, T., & Stefanie, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Journal of Education Research, 4(4), 2228-2235.

Wahyudin, A. Y., & Ramadhan, R. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Mobile Bagi Guru Sman 5 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 201-207. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i2.3104

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222-232. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Handayani, S., Toni Endaryono, B., & Abdilah Kurniawan, L. (2024). PENDAMPINGAN LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF DI TK TIARA KINDERGARTEN SCHOOL BEKASI. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.243 (Original work published 31 Mei 2024)