SEMINAR ONLINE REVOLUSI DAN INOVASI PENGEMBANGAN PRIBADI PESERTA DIDIK MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.244Kata Kunci:
Seminar Online , Revolusi Pembelajaran, Inovasi Pengembangan PribadiAbstrak
Keberhasilan pembelajaran adalah keberhasilan peserta didik dalam membentuk pribadinya sesuai kompetensi dan mencapai tujuan serta keberhasilan guru dalam mengembangkan pribadi peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat melalui seminar online ini adalah untuk memberikan pemahaman / edukasi kepada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba tentang Revolusi dan inovasi pengembangan Pribadi Peserta Didik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian menggunakan metode ceramah secara online dengan pendekatan diskusi, teknis pelaksanaan pengabdian terbagi menjadi 3 tahapan yaitu Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah dari 30 Peserta seminar mendapatkan pemahaman dan mampu melaksanakan bagaimana cara mengembangkan pribadi peserta didik yang lambat dalam belajar dan bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik
Referensi
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, September). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66). DOI: https://doi.org/10.24252/psb.v6i1.15544
Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657-665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266
Mulyasa, (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakara.
Wati, I., & Kamila, I. (2019, February). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.