PENGUATAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA GURU MELALUI PENGUATAN GROWTH MIDSET DALAM TRANSFORMASI SATUAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Husen Sutisna

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.248

Kata Kunci:

Transformasi, Mindset, Growth Mindset, Guru, Sekolah

Abstrak

Transformasi organisasisi dalah sebagai pembaruan seluruh organisasi yang menghubungkan beberapa subsistem organisasi seperti strategi, struktur, budaya, sistem manajemen dan kontrol. Perubahan organisasi mengacu pada proses dan praktik yang digunakan untuk memastikan bahwa organisasi dapat berhasil beradaptasi dengan perubahan dan memperoleh nilai yang diharapkan dari inisiatif perubahan tersebut. Dalam konteks pendidikan, transformasi bisa merujuk pada perubahan dalam metode pengajaran, kurikulum, teknologi pendidikan, atau infrastruktur pendidikan. Dalam proses transformasi tersebut sekolah banyak dihadapkan dengan berbagai kendala terutama dalam perubahan mindset guru, penyesuaian skill dan merubah budaya kerja. Oleh karena itu perlunya penguatan mindset terutama growth mindset agar guru mampu melakukan transformasi di sekolah masing-masing. Penguatan tersebut dilakukan dengan penyampaian materi pelatihan tentang pentingnya transformasi, pentingnya growth mindset dalam melakukan transformasi tersebut. Hasilnya Guru memahami bahwa Growth mindset lebih efektif dalam mengimplementasikan dan mendukung perubahan, lebih mampu beradaptasi dengan metodologi pengajaran baru, teknologi, dan pendekatan yang berfokus pada siswa, serta lebih siap untuk bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Sebaliknya, sedangkan guru dengan Fixed mindset merasa terancam oleh perubahan dan kurang aktif dalam mengambil inisiatif atau berkolaborasi, yang bisa menghambat proses transformasi dan inovasi dalam pendidikan.

Referensi

Alvesson, M., & Sveningsson, S. (2016). Changing Organizational Culture: Cultural Change Work in Progress (2nd ed.). Routledge.

APM Group Limited, (2015). The Effective Change Manager's Handbook, Essential Guidance to the Change Management Body of Knowledge. Kogan Page Limited.

Dweck, Carol S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. New York: Random House, inc.

Iafelice, B., Kovijanić, T., & Condry, M. (2022). Acquiring an Entrepreneurial Mindset for Technology Leaders and Scientists. IEEE Engineering Management Review, 50, 96-102. https://doi.org/10.1109/EMR.2022.3180897.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2023. Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 Desember. 2020.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/TRANSFORMASI

Neck, H. M., Neck, C. P., & Murray, E. L. (2018). Entrepreneurship: The practice and mindset. SAGE Publications.

Srivastava, M. (2023). The Evolution of Education: Navigating 21st-Century Challenges. International Journal For Multidisciplinary Research. https://doi.org/10.36948/ijfmr 2023.v05i05.6314.

Syahida, H dan Dewi, L (2023). Identifying 21st-Century Skills In The “Kurikulum Merdeka” At The Elementary Level Numeracy Aspect: A Literature Review. ICEE-5 “The Transformation of Elementary Education for Welcoming Smart Society 5.0”. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Internet:

https://www.weforum.org/agenda/2016/03/21st-century-skills-future-jobs-students/ https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/5-Intervensi-Program-Sekolah-Penggerak-Yang-

Saling-Terkait-

https://persmakreatif.com/growth-mindset-vs-fixed-mindset/

https://www.youtube.com/live/w3IFHcakcpo?si=nzNs9ybph9zYhd1M

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Sutisna, H. (2024). PENGUATAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA GURU MELALUI PENGUATAN GROWTH MIDSET DALAM TRANSFORMASI SATUAN PENDIDIKAN. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 37–40. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.248 (Original work published 31 Mei 2024)