PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN SEBAGAI ALAT BANTU PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH

Penulis

  • Judianto Tjahjo Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.249

Kata Kunci:

Kecerdasan buatan, Karya Tulis ilmiah

Abstrak

Berdasarkan pembicaraan selama proses belajar mengajar, banyak mahasiswa yang belum memahami tentang cara mendapatkan literatur yang sesuai dalam penulisan artikel, paper maupun skripsi. Nama perangkat lunak (software) kecerdasan buatan  (artificial intelegence) yang umum digunakan juga banyak mahasiswa yang baru mendengarnya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah agar mahasiswa mudah menghasilkan karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yag berkualitas. Kegiatan yang dilakukan adalah memberi pelatihan    “Penggunaan Kecerdasan Buatan Sebagai Alat Bantu Pembuatan Karya Tulis Ilmiah”. Aplikasi yang digunakan adalah Google Cendikia (Google Scholar), Mendeley Refference Manager, Mendeley Desktop dan ResearchRabbit.

Kegiatan pelatihan ini sengaja diberikan kepada mahasiswa semester 6 (enam) yang akan sangat membutuhkan kemampuan mencari literatur diluar materi pembelajaran yang diberikan dosen pengajar mata kuliah agar dapat khususnya menghasilkan skripsi yang berkualitas.

Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: (1) Mahasiswa memiliki gambaran tentang karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas. (2) Mahasiswa bisa mendapatkan ide atau inspirasi topik dan judul karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas . (3) Meningkatnya kemampuan dan kecepatan mahasiswa dalam menghasilkan karya tulis ilmiah, paper dan skripsi yang berkualitas. (4) Mahasiwa menjadi lebih memiliki kemampuan daya saing dengan lebih mudah mendapatkan informasi tentang keadaan saat ini, Program PKM ini terlaksana sesuai rencana.

 

Referensi

Nillson, Nills J., 1993, Principles of Artificial Intelligence. Calif. : TiogaPub. Co.,

https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-artificial-intelligence.html

https://www.gemini.google.com

Tjahjo Nugroho, J. (2023). PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI INOVATIF BERBASIS KECERDASAN BUATAN UNTUK MAHASISWA SEMESTER 1 STIE GICI BUSINESS SCHOOL . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(1), 27–30. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/187

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Tjahjo Nugroho, J. (2024). PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN SEBAGAI ALAT BANTU PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 49–51. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.249 (Original work published 31 Mei 2024)