PELATIHAN OLAH DATA AMOS, SMART PLS DAN SPSS PADA MAHASISWA – MAHASISWI STIE GICI DEPOK 2024

Penulis

  • Herman Susilo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Gena Prasetya Noor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nurdin Rifai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nuryani Susana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.289

Kata Kunci:

Pelatihan, Amos, Smart PLS, SPSS

Abstrak

Tujuan pelatihan olah data ini lakukan untuk membantu mahasiswa – mahasiswi mudah dalam melakukan pengelolaan data penelitian dengan soafware Amos, Smart Pls dan SPPS. Kegiatan ini bukan hanya di ikuti oleh mahasiswa program S1, namun mahasiswa program S2 ikut serta dalam pelatihan ini. Mayoritas mahasiswa – mahasiswa STIE GICI  belum mampu menggunakan software statistik untuk pengolahan data penelitian yang dilakukan. Para mahasiswa tersebut masih kurang memahami metode penelitian sehiangga adanya pelatihan ini bisa melatih mereka terkait penggunaan software statistik untuk penelitian. Target luaran kegiatan adalah sebagai berikut: Membantu mahasiswa dalam proses perhitungan dan analisis menjadi lebih sederhana dengan model SEM, membantu mahasiswa memprediksi hubungan antar konstruk,mengkonfirmasi teori dan dapat menjelaskan ada hubungan atau tidaknya antara variabel laten, Mahasiswa mampu menggunakan data sesuai dengan desain penelitian,  Memahami dasar Ilmu Statistik dan landasan penelitian

Biografi Penulis

Herman Susilo, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

<strong>ELESTE: Economic Skill Journal</strong> adalah jurnal keilmuan sekolah tinggi ilmu ekonomi Gici yang menyajikan berbagai hasil penelitian baik berbasis pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, dan diterbitkan secara periodik semesteran (dua kali dalam setahun) di bulan Maret dan Oktober, dengan mengangkat keilmuan ekonomi, akuntansi, pemasaran dan manajemen. Tema - tema yang dipilih sesuai dengan isu - isu yang sedang berkembang saat ini yang meliputi ilmu bisnis, ekonomi, marketing, keuangan dan manajemen.

Referensi

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SmartPLS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-----------. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Spss Pada Mahasiswa. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Susilo, H., Prasetya Noor, G., Rifai, N., & Susana, N. (2022). PELATIHAN OLAH DATA AMOS, SMART PLS DAN SPSS PADA MAHASISWA – MAHASISWI STIE GICI DEPOK 2024. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 125–128. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.289