PELATIHAN KEPEMIMPINAN GURU DALAM MEMBANGUN SEMANGAT KERJA TIM DI TK HUBAYA JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.58890/tpet.v4i1.340Kata Kunci:
Pendampingan, Pelatihan, Kepemimpinan GuruAbstrak
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat ini dilaksanakan untuk mendampingi pelatihan kepemimpinan guru, membangun semangat kerja tim di TK Hubaya Jakarta Timur. Metode pengabdian masyarakat menggunakan Asset Based Communities Development (ABCD) dimana metode ini merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ini menekankan pada inventarisasi asset / UMKM yang terdapat di dalam masyarakat yang dipandang mendukung pada kegiatan pemberdayaan masyarakat, strategi kegiatan ini dengan menggunakan FGD dengan mengumpulkan para guru untuk melakukan diskusi bersama-sama. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dihadiri oleh 5 guru dan 10 dari pihak Yayasan HUBAYA. Bentuk dari pelaksanaan pelatihan dengan melakukan Brainstorming sehingga dapat memberikan kesempatan bagi para guru untuk berbagi ide dan pengalaman serta mengembangkan pemahaman mereka tentang kepemimpinan secara lebih mendalam. Selain itu juga terdapat diskusi interaktif tentang teori kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam konteks sekolah, diikuti dengan latihan penerapan di kelas. Target luaran dari kegiatan engabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan ini diantaranya adalah meningkatkan kemampuan guru TK HUBAYA dalam menghadapi perubahan di dunia pendidikan dan Guru TK HUBAYA akan lebih siap menghadapi tantangan yang datang dengan perubahan di dunia Pendidikan.
Referensi
Mulyani, H., Meirawan, D., & Rahmadani, A. (2020). Increasing School Effectiveness Through Principals’ Leadership and Teachers’ Teaching Performance, Is It Possible?. Cakrawala Pendidikan, 39 (2), 279 - 292. doi:10.21831/cp.v39i2.28864
Siahaan, A. (2017). Kepemimpinan Pendidikan: Aplikasi Kepemimpinan Efektif, Strategis, dan Berkelanjutan.
Theresia, A., Andini, K. S., Nugraha, P. G., & Mardikanto, T. (2014). Pembangunan berbasis masyarakat: acuan bagi praktisi, akademisi, dan pemerhati pengembangan masyarakat. Penerbit Alfabeta.