Meningkatkan Inovasi Melalui Penguatan Keuangan dan Kewirausahaan di Komunitas Lokal GICI Business School di Bekasi

Penulis

  • Aldi Friyatna Dira Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Kurniawan Prambudi Utomo Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v4i2.423

Kata Kunci:

Inovasi, Keuangan, Kewirausahaan, Komunitas Bekasi.

Abstrak

Pengabdian masyarakat dengan tema meningkatkan inovasi melalui penguatan keuangan dan kewirausahaan di komunitas Lokal GICI Business School pada tanggal 23 Mei 2023 di Bekasi telah dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan inovasi dan kewirausahaan di komunitas lokal.  Metode yang dilakukan dengan pelaksanaan seminar terhadap 30 responden yang terdiri dari mahasiswa dan komunitas enpreneurship di Kota Bekasi termasuk pelatihan kewirausahaan, penguatan keuangan, sosialisasi, kegiatan lapangan, kemitraan, dan bantuan keuangan. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan inovasi dan kewirausahaan mahasiswa dan komunitas entrepreneurship di komunitas lokal kota Bekasi, serta meningkatkan kemampuan bisnis yang dikembangkan oleh pelaku usaha baik secara teori maupun praktik dilapangan.  Saran yang diberikan meliputi mampu mengadakan pelatihan kewirausahaan yang lebih intensif dan berkala, penguatan keuangan yang lebih berkelanjutan, sosialisasi yang lebih luas, pendampingan kegiatan lapangan yang lebih intensif, kemitraan yang lebih erat, dan bantuan keuangan yang lebih berkelanjutan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi dan pelaku UMKM setempat.

Referensi

Dira, A. F., Sawitri, I., Rahman, A., & Utomo, K. P. (2024). J URISMA : Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Optimizing Motivation : Leadership Style That Inspires The Bekasi Dishub Work Environment. 14(April), 1–12.

Indrasari. (2019). Pemasaran&Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press (Vol. 2019, Issue December).

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina. Widina Bhakti Persada.

Krisna, P., & Nuratama, P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. In Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Kurniawan, A., Rukiastiandari, S., Yusuf, F., Utomo, K. P., Yuliawan, E., Alvia, R., Manggabarani, A. S., Hasbi, I., Yulita, R., Putra, A. R., Sudirman, A., Utami, D. A., & Anggraini, R. I. (2022). Dasar Manajemen dan Bisnis (K. P. Utomo (ed.)). Widina Bhakti Persada.

Sri, H., Sukesi, & Kanty, H. (2019). Manajemen UMKM dan Koperasi: Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai. Unitomo Press, 1–245.

Suwarsito, & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(1), 82. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i1.3978

Syarief, F., Utomo, K. P., Nasution, M. A. W., & ... (2022). Memaksimalkan Peran Google Form dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Era Covid-19. Prima Abdika: Jurnal …. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/abdika/article/view/1675

Syarief, F., Utomo, K. P., Rukiastiandari, S., Widiarina, & Yunita. (2022). PERAN TEKNOLOGI DARING DALAM PEMBELAJARAN. 1(2), 76–82.

Wardhana, A. K., Fadly, R., Utomo, K. P., & Lestiowati, R. (2024). Understanding Choices : Product Reviews And Customer Services As Determinants Of Online Purchase Decisions. 12(2), 2129–2140.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Friyatna Dira, A., & Prambudi Utomo, K. (2025). Meningkatkan Inovasi Melalui Penguatan Keuangan dan Kewirausahaan di Komunitas Lokal GICI Business School di Bekasi. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 4(2), 58–69. https://doi.org/10.58890/tpet.v4i2.423