PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KELOMPOK UMKM PETANI SINGKONG DI DESA CINANGNENG KAB BOGOR

Penulis

  • Herman Susilo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Catik Yustina Mart Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Pendampingan, Laporan Keuangan, dan UMKM

Abstrak

Pendampingan adalah proses pembimbingan atau pemberian kesempatan kepada masyarakat, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendampingi para petani yang memiliki UMKM di Desa Cinangneng Kab Bogor untuk dapat melakukan pencatatan atas laporan keuangan usaha, teknik pengabdian ini adalah dengan menggunakan  pendekatan partisipatif, menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) dimana metode ini merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ini menekankan pada inventarisasi asset.  Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para petani yang memiliki UMKM mampu melakukan pencatatan laporan keuangan secara sederhana atas usaha yang dimiliki dan mampu menginventarisir atas produk yang dihasilkan baik sebelum terjual sampai dengan barang terjual.

Referensi

Ganjar, I. (2012). Akuntansi Praktis Untuk UMKM. Laskar Aksara.

Lusy, L., Widyastuti, M., Hermanto, Y. B., & Andrian, D. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN YAYASAN CEMPAKA

EDUCATION CENTER DI DUSUN GAMOH, KECAMATAN PRIGEN, JAWA TIMUR. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Prasaja, M., Susiloningsih, N., Novitasari, R., Andriani, N., & Yunanto, F. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Desa bLIMBING, kABUPATEN Kediri. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 834-840.

Rumambi, H., Mundung, A., Kaparang, R., Tangon, J., Alouw, S., Rau, B., & Rondonuwu, M. (2021). PKM-PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM BERBASIS ANDROID PADA KELOMPOK PETANI PADI DI DESA WOLOAN III KECAMATAN TOMOHON BARAT. Paulus Journal of Society Engagement, 3(1), 7-17.

Setiawan, R. (2011). Ibm Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Ukm Carang Mas Di Desa Kucur Malang. Peduli-Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 17.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Susilo, H., & Yustina Mart, C. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KELOMPOK UMKM PETANI SINGKONG DI DESA CINANGNENG KAB BOGOR. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 1(1), 1–6. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/43 (Original work published 1 November 2021)