Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing bagi UMKM di Era Ekonomi Kreatif

Penulis

  • Eko Yuliawan STIE GICI
  • Aziz STIE GICI
  • Haris Karyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/tpet.v5i1.438

Kata Kunci:

Digital marketing, UMKM, ekonomi kreatif, pemasaran digital

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan strategi digital marketing guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan di era ekonomi kreatif. Peserta kegiatan berjumlah 20 pemilik usaha di sekitar Kampus STIE GICI Jatiwaringin yang mengikuti pelatihan dan pendampingan selama dua hari pada 25–26 Juli 2025. Metode kegiatan meliputi pelatihan penggunaan media digital, pembuatan konten promosi, serta optimalisasi platform media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep dan penerapan digital marketing, ditandai dengan meningkatnya kemampuan membuat konten dan memanfaatkan fitur promosi daring. Kegiatan ini berkontribusi dalam memperkuat kapasitas digital UMKM agar lebih adaptif dan kompetitif di era ekonomi kreatif.

Referensi

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1). https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2). https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Mochamad Sirodjudin, & Sudarmiatin Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.783

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1). https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

Nurfitriya, M., Fauziyah, A., Koeswandi, T. A. L., Yusuf, I., & Rachmani, N. N. (2022). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya. Acitya Bhakti, 2(1). https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14618

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. KOMVERSAL, 2(1). https://doi.org/10.38204/komversal.v2i1.496

Yuliawan, Eko; Siagian, H. W. L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-26

Cara Mengutip

Yuliawan, E., Winardi, M. A., & Karyadi, H. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing bagi UMKM di Era Ekonomi Kreatif . Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.58890/tpet.v5i1.438