ANALISIS STRATEGI JASA WEDDING (KARLIN WEDDING PROJECT)

Penulis

  • Neng Lilis Karlina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Altatit Dianawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Penyelenggara, Perencana, Pernikahan, Perumusan Strategi, Prioritas Strategi.

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan kondisi lingkungan internal eksternal serta menyusun alternatif strategi pengembangan usaha Karlin wedding project. Analisis lingkungan internal menganalisa aspek – aspek dalam lingkungan internal perusahaan yaitu sumber daya manusia, produksi dan operasi jasa, keuangan dan pemasaran. Sedangkan analisis lingkungan eksternal menggunakan analisis STEEPLE yang berfokus pada  kebijakan pemerintah dan teknologi serta Porter's Five Forces Analysis. Kemudian melakukan perumusan strategi melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan (input stage) menggunakan matriks Eksternal Factor Evaluation dan matriks Internal Factor Evaluation. Selanjutnya tahap pencocokan (matching stage) dengan matriks Internal-Ekternal dan matriks SWOT, dan tahap keputusan (decision stage) dengan menggunakan Quantitative Strategics Planning Matrix.

Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 10 faktor internal dan 9 faktor eksternal digunakan untuk menilai kondisi Karlin wedding project. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,797 dan total skor bobot Matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 2,674. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Karlin wedding project berada pada sel V. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan Matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari Matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor – faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh Karlin wedding project. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu Penghematan biaya operasional usaha, menjual asset usaha yang tidak produktif dan merubah kesepakatan perjanjian kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker, David A. (2017). Manajemen Pemasaran Strategi. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat. Hal 17,18

Abbott, W., Donaghey, J., Hare, J., & Hopkins, P. (2013). An Instagram is worth a thousand words: an industry panel and audience Q&A. In Library Hi Tech News, https://doi.org/10.1108/LHTN - 08 - 2013 - 0047, Diunduh pada hari Senin, 14 Maret 2022, Pukul 13.00

Buchari, Alma. (2018). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeda. Hal 1,201

David, Fred R dan David Forest R. 2016. Manajemen Strategi Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Konsep. Edisi 15. Alih Bahasa Novita Puspitasari, Liza Nurbani Puspitasari. Jakarta: Penerbitan Salemba Empat. Halaman 3, 4, 11, 14, 45, 65, 66, 79, 80, 111, 112, 125, 169, 171, 173, 181, 183, 184, 185.

Fiona Lestari, - (2021) Analisis Dampak Covid - 19 Terhadap Pendapatan Zaidar Rahmi Wedding Organizer Di Desa Penyesawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Ditinjau Perspektif Ekonomi Syari’ah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kasahara, Eiichi Eric. 2020. Manajemen Strategis Praktis, Cara Menerapkan Pemikiran Strategi Dalam Bisnis. Edisi Kesatu. Alih Bahasa Harris Setiajid. Yogyakarta: Penerbit Lautan Pustaka. Halaman 11.

Muhammad, Suwarno. 2017. Manajemen Startegi, Konsep Dan Alat Analisis. Edisi Keenam. Yogyakarta :Penerbit UPP STIM YKPN. Halaman 25, 26, 27, 40, 147, 193, 309, 311.

Rangkuti, F. (2017) Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis Swot. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hal 3,4

Safitri, Elis (2020) Strategi Produk, Promosi, Dan Layanan Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Wedding Organizer (WO) di Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke - 26. Bandung :Alfabeta. Halaman 137, 142, 145

Taufiqurokhman, 2016. MANAJEMEN STRATEGIK, Cetakan Pertama. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Halaman 19,53. No. ISBN: 9-781234-567897

Tjiptono, Fandy. 2020. STRATEGI PEMASARAN, Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Halaman 134, 387, 388, 391, 395.

Jurnal Bisnis STRATEGI Vol. 29 No. 2 Desember 2020, halaman 101 - 118 P - ISSN : 1410 - 1246, E - ISSN : 2580 – 1171.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Lilis Karlina, N., & Dianawati, A. (2021). ANALISIS STRATEGI JASA WEDDING (KARLIN WEDDING PROJECT). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(2), 121–132. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/119 (Original work published 30 Oktober 2021)