PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. PARAGITA TUNAS INSPIRA CABANG KOTA BOGOR

Penulis

  • Christina Ekawati

Abstrak

Seiring dengan perkembangan bisnis kosmetik yang saat ini sedang tren, maka perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kosmetik mulai banyak bermunculan. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti tidak mempunyai pemimpin yang handal, tidak memiliki pegawai yang kompeten, dan banyaknya komplain yang berhubungan dengan kualitas pelayanan pegawainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Paragita Tunas Inspira Cabang Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antaradua variabel atau lebih. Adapun variabel-variabel yang dihubungkan dalam penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan Rumus Slovin. Adapun sampel tersebut berjumlah 71 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling.

 

Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 71,9% faktor-faktor kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja sedangkan sisanya 28,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (60,645) > Ftabel (2,740). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan menunjukkan hasil analisis thitung (6,301), variabel  Disiplin Kerja menunjukkan hasil analisis thitung (4,770) dimana ttabel  (1,990)  maka secara parsial  kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Paragita Tunas Inspira Cabang Kota Bogor. Adapun variabel motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Paragita Tunas Inspira Cabang Kota Bogor dengan nilai hasil analisis thitung (0,548). Variabel yang dominan mempengaruhi Kinerja Pegawai pada PT. Paragita Tunas Inspira Cabang Kota Bogor adalah Gaya Kepemimpinan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, Y.B. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap kinerja PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.

Anyango, C. A. (2015). Impact Leadership Styles On Employee Performanca At BOA Kenya Limited [Disertasi]. Tanzania (TZ): University Of Tanzania.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Handoko. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta Anggota IKAPI.

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Bukopin Kantor Cabang Bandung.

Laudon, K., & Laudon, J. (2015). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A., & Prabu, A. (2009). Evaluasi Kinerja Karyawan. Bandung: Refika Aditama.

Mondy, W. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Muhammad, F. (2016). Pengertian, Teori, dan Dimensi Motivasi. Pengertian, Teori, dan Dimensi Motivasi .

Ngima, W, M., & Kyongo, J. 2013. Contribution Of Motivational Management to

Employee Performance. Journal Of Humanities And Social Science,3(1), 1-

Resti, J. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Pemberian Insentif Terhadap Pegawai di Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI.

Rivai. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Situmorang, L. M., & Helmi, S. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: Medan Press.

Sugiyono. (2014). Mudah Menyusun Tesis dan Desertasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia: Jakarta: Kencana

Suwuh, M. (2015). The Influence Of Leadership Style On Employee Performance Through Work Motivation. Jurnal EMBA, 3(1), 1-9.

Wibowo. (2013). Perilaku dalam Organisasi. Edisi Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, B. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Ekawati, C. . (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. PARAGITA TUNAS INSPIRA CABANG KOTA BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(2), 110–120. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/120 (Original work published 30 Oktober 2021)