PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA PAUD AL-KAUTSAR CIAWI

Penulis

  • Reni Septina Juanda
  • Hanantyoko Dewanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan orang Tua Siswa Paud Al-Kautsar Ciawi. Setelah variabel independen dinyatakan berpengaruh terhadap kepuasan orang tua siswa PAUD Al-Kautsar Ciawi, bahwa nilai Adjusted R Square adalah 0,669 atau 66,90%. Ini berarti bahwa variabel independen berupa bukti fisik, empati, daya tanggap, keandalan dan jaminan secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen kepuasan orang tua siswa PAUD Al-Kautsar sebesar 66,90% sedangkan sisanya sebesar 33,10% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini, misalnya biaya, lokasi, SDM, dan lain sebagainya. Uji F atau dikenal dengan Uji Simultan bertujuan untuk menunjukkan bahwa nilai Fhitung yang diolah dengan menggunakan SPSS adalah 15,563. Ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, empati, daya tanggap, keandalan, dan jaminan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa PAUD Al-Kautsar Ciawi. Nilai ttabel pada tingkat signifikasi 5% (α = 0,05) adalah 2,039 dengan membandingkan thitung dan ttabel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Handoko, T. H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P. & G. Armstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Manullang & Hutabarat. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

R., Supomo. & E. Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya, Bandung.

Sutyati, Lili (2019). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Penerbit CV. Budi Utama.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. & G. Chandra. (2017). Pemasaran Jasa. Ikapi Jawa Timur: Banyu Media Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Septina Juanda, R. ., & Dewanto, H. (2021). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA PAUD AL-KAUTSAR CIAWI. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(2), 142–153. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/122 (Original work published 30 Oktober 2021)