PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK KIMIA FARMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Penulis

  • Hanisa Hanisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Eko Wahyu Widayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Abstrak

Apotek menjadi tempat dilaksanakannya tenaga kefarmasian memiliki peran penting menjadi tempat untuk memperoleh informasi tentang obat terutama di masa pandemi ini kebutuhan terhadap obat semakin meningkat pesat, seperti Apotek Kimia Farma Kota Bogor. Dibalik itu masih banyak masyarakat semakin kritis terhadap pelayanan. Hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya tulisan di media atau komplain langsung kepada pihak apotek atas pelayanan yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 45,30% faktor-faktor kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor sedangkan sisanya 54,70% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (28,371) > Ftabel = (2,700). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (2,725), kualitas pelayanan (4,972) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas produk menunjukkan hasil thitung (0,917) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma Bogor adalah kualitas pelayanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132. ISSN: 22527-2772.

Elvera, & Yesita. A., (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi. ISBN: 978-623-01- 1895-1

Darmawan, R. J., & Satrio, B. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Takavi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(8), 6-8. E-ISSN: 2461-0593

Fandy T, Anastasia D. (2019). Kepuasan Pelanggan, Konsep, Pengukuran, dan Strategi.

Yogyakarta: Andi. ISBN: 978-623-01-0194-6

Fikri, M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Jumant, 9 (1), 1-11.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44. E-ISSN: 2851-2165

Gunadi, E. (2018). Hubungan Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan M- Sport Futsal Center. Agora, 6(1).

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182. E-ISSN: 2851-2165

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28. ISSN: 2461-0690

Lupiyoadi, R. dan Ridho, B. I. (2015). Pratikum Metode Riset Bisnis Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (134). ISSN: 978-979-061-449-9

Lusiana, L., Pasda, S., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibles Terhadap Kepuasan Pelanggan GrabBike. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 34-40.

Mahmud, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Transmart Setiabudi Semarang. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 159-166. Vol.3 No.1. E-ISSN: 2746-1173

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6 (3).

Purwanto, E. A dan Dyah, R. S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial Edisi Kedua Cetakan Satu. Yogyakarta : Penerbit Gava Media. (198, 199).

Rusydi, A., (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta. ISSBN: 978-602-289-405-6

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 1-14. p-ISSN: 2338 – 4794

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. (03, 14, 80, 308).

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Pelanggan. Cetakan Kedua.

Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). 104

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Hanisa, H., & Wahyu Widayat, E. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK KIMIA FARMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(2), 154–163. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/123 (Original work published 30 Oktober 2021)