PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI OPERASONAL WAHANA DEVOYAGE BOGOR

Penulis

  • Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Abstrak

Persaingan Dunia bisnis sekarang ini terus bersaing untuk menciptakan berbagai kebutuhan konsumen yang semakin tinggi dan semakin cerdas dalam memilih kebutuhannya, jenis bisnis yang sedang berkembang dan digemari oleh masyarakat adalah bisnis yang memanfaatkan potensi bergerak di bidang Hospitality juga Pariwisata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian survei, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja di Devoyage Bogor,  Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel yaitu sampel jenuh oleh sebab itu dalam penelitian ini semua populasi yang berjumlah 40  karyawan digunakan sebagai sampel . hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai Adjusted R Square adalah 0,473 atau 47,3%. Ini berarti bahwa variabel independen berupa motivasi kerja, lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel dependen kinerja Karyawan Operasional Devoyage Bogor sebesar 47,3% sedangkan sisanya  52,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.  Hasil uji F menunjukan bahwa  secara simultan variabel motivasi kerja, lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan serempak berpengaruh significant terhadap kinerja . Hasil uji t  menunjukan bahwa variabel motivasi kerja dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel lingkungan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Operasional Wahana Devoyage Bogor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azizah. (2011). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Asahan. Sekolah Tinggil Ilmu Ekonomi Harapan Medan. Program Studi Magister Manajemen. Tesis. Tidak Dipublikasikan.

Bintoro, M.T & Daryanto (2017 ). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan satu. Jakarta : Penerbit Gava Media.

Dessler, Gary. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh.Jilid II. Alih Bahasa Paramita Rahayu. Jakarta. PT. Indeks.

Edison, E., Y. Anwar & I. Komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fahmi, I.(2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan aplikasi).

Bandung ; Penerbit Alfabetta.

Feriyanto, A & Triana, E.S. (2015). Penagantar Manajemen (3 In 1) untung mahasiwa umum. Kebumen :

Mediatera.

Frengky Basna. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 4, No.3, 319-334.

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edis Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Mahajaya, G. R. & Subudi, M. (2016). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Inspektrorat Kabupaten Bandung. E-Jurnal Manajemen Unud. ISSN : 2302-8912. Volume 5. No. 11, 2016. Program Studi Ekonomi dan Bisnis. Nversitas Udayana (Unud). Bali

Muliati. (2014). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Bina Marga Propinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis. ISSN : 2302-2019. Volume 2. No. 7, Juli 2014. Program Studi Magister Manajemen. Pascasarjana Universitas Tadulako. Palu.

Nuraini, T. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yayasan Aini Syam: Pekanbaru.

Sedarmayanti. (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Penerbit RefikaAditama

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil).Bandung : Penerbit PT Refika Aditama.

Situmorang, S. H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda., M. Lufti., & Syahyunan. (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS).

Cetakan Pertama. Medan: USU Press.

Sondang P. Siagian.(2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Sudarmo & H. S. Lukita. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja

Karyawan PT. Empat Enam Jaya Abadi Balikpapan. Jurnal Sains Terapan. ISSN : 2406-8810. Volume 2. No. 1, Juni. STIE Balikpapan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sule, E.T., K. Saefullah. (2010). Pengantar Manajemen. Edisi Pertama. Cetakan Kelima. Jakarta: Kencana.

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua). Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Uranadjan., D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Wilayanti, D. I. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Perkebunan Nusantara XI (persero) Pabrik Gula ”Pagottan”

Madiun. Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Madiun. Jurnal

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Jahani. (2024). PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI OPERASONAL WAHANA DEVOYAGE BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(2), 164–172. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/124 (Original work published 30 Oktober 2021)