PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ENERGEN (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA JAKARTA)
Kata Kunci:
Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Kesadara Merek dan Keputusan PembelianAbstrak
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Jakarta, yang terbagi atas berapa banyak daerah seperti Jakarta Utara. Jakarta barat. Jakarta selatan Jakarta selatan dan tanah sereal. Sampel ini ditentukan dengan teknik porposive sampling 100 orang. Tes quezon terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (3526> 1,985) dan nilai sig-nya sebesar 0,001 < 0,5 (sig < 0,05) 2. harga tidak mempengaruhi keputusan pembelian, dengan nilai 131 < 1,985 dan nilai sig-nya (0,896 > 0,05) 3. Citra merek tidak berpengaruh pada keputusan pembelian dengan t hitung 345 < t tabel 1,985 dan signya (0,731 > 0,05) 4. Kesadaran merek memiliki efek positif pada keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (3,559 > 1985) t tabel dan sig (0,001 < 0,05) dan (5) Fhitung = 20,538 > dari F tabel = 2,47. ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga, citra merek, dan kesadaran merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian untuk produk Energen.
Unduhan
Referensi
Amalia, S,. & M. O, Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. ISSN : 2252-844X. Volume 6, NO 1, Mei 2017. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan ke 13 Juni 2018.
Bandung : Penerbit Alfabeta.
Afnina,. & Y, Hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pelanggan. P-ISSN : 2089-1989 E-2614-1523. Volume 9, No 1, Januari 2018. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis. Jurusan Manajemen Sekola Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa.
Fauzi, R, U, A. (2017). Pengaruh Hrga dan FreeWi-fi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. ISSN : 2579- 3217. Volume 17. No 2. Desember 2017. Jurnal Aplikasi Bisnis. Universitas Pgri Madiun.
Ghanimata, F. (2012) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Erlina Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro, Hal : 45-46.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama Oktober 2019. Surabaya.
Inayati, L, S,. & D, U, Wahyuni. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek Persepsi Kualitas Asosiasi Merek dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. ISSN : 2461- 0593. Volume 6, No 4, April 2017. Jurnal Ilmu dan Ribet Manajemen. Sekola Tinggi Ilmu Ekomoni Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Kustati, D, D, N. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kartu Seluler Telkomsel Pada Konsumen di Kecamatan Muara Jawa Kutai Kartanegara. Jurnal Manajemen. ISSN : 2477-2674 (online), ISSN : 2477-2666 (cetak), ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id © copyright 2019. Volume 7, NO 1, 2019:58-75 Program Studi Manajemen. Psikoborneo.
Kotler, P & K. L. Keller.(2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. JILID 2. (Alih Bahasa Bob S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (143, 166, 176, 178, 184,188, 189).
Lubis, D, I, D,. & R, Hidayat. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekola Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. ISSN : 2355-1488. Volume 5, No 1, pp. Febriari 2017. Program Studi Menejemen. Fakultas Sekola Tinggi Ilmu Manajemen Sukma.
Manaf, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Cetakan Pertama 2016. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Monawaroh, S. (2017). Pengaruh Merek Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh 2 Daun di Plaza Mulia Samarinda. ISSN : 2355-5408. Volume 5, No 1, 2017. Ejournal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muluwarman.
Riyono, & G, E, Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk AQUA di Kota Pati. Jurnal Manajemen. ISSN : 2252-026. Volume 8, NO 2, Edisi Juni 2016. Program Studi Manajemen. STIE Semarang.
Rahmi, P, P,. & R, D, Purwanti. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian Produk Nu Green Tea Pada PT Abc presiden indonesia cabang garut. ISSN : 1414-6907. Volume 1. Januari-April 2016. Program Studi Manajemen. Sekola Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun.
Sudaryono. (2014). Aplikasi Statistika Untuk Penelitian Cetakan Kedua Puluh Delapan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sudarmanto, R. G. (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan Program IBM SPSS Statistic 19. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Tjiptono, F. (2015). Stategi Pemasaran. Cetakan keempat. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wulandari, D, P. (2017). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tenun Ikat Aam Kodok Ngorek Putra, Bandar Kidul Kediri. ISSN : BBBB-BBBB. Volume 1, No 5, 2017. Universitas Nusantara Pgri Kediri.
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Energen
https://id.techinasia.com/7-situs-pembanding-harga-indonesia