STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK TOYOTA AVANZA DI AUTO2000 CABANG BOGOR SILIWANGI

Penulis

  • Abdul Ghofar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Perumusan Strategi, Matriks Evaluasi Faktor, Matriks SWOT, Matriks IE, Matriks QSP, Prioritas Strategi.

Abstrak

Toyota Avanza adalah LMPV yang masih menjadi primadona bagi masyarakat karena beberapa kelebihannya, tetapi dalam perkembangannya mengalami penurunan penjualan beberapa tahun terakhir terutama di Auto2000 Bogor Siliwangi, dalam hal tersebut maka perusahaan dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan yang terjadi, baik lingkungan internal maupun eksternal, sehingga perusahaan dapat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan internal dan eksternal Auto2000 Bogor Siliwangi serta menyusun alternatif strategi pengembangannya.

 

Analisis lingkungan internal mengevaluasi dan menganalisa tiap aspek dalam lingkungan internal perusahaan yaitu sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, produksi dan operasi jasa, sistem informasai manajemen, penelitian dan pengembangan. Sedangkan analisis lingkungan eksternal yaitu berfokus pada faktor politik, ekonomi, social, teknologi dan faktor lingkungan industri. Setelah itu melakukan perumusan strategi melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan (input stage) yang menggunakan matriks External Factor Evaluation dan matriks Internal Factor Evaluation. Selanjutnya tahap pencocokan (matching stage) dengan menggunakan matriks Internal-Eksternal dan matriks SWOT, dan tahap keputusan (decision stage) dengan menggunakan Quantitative Strategics Planning Matrix (QSPM).

 

Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,78 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,25. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE) nampak bahwa posisi strategi pemasaran mobil Toyota  Avanza AUTO2000 Bogor Siliwangi berada pada kuadran II, strategi yang di lakukan adalah Grow and Build (tumbuh dan membangun), yaitu dengann melaksanakan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil penentuan prioritas strategi dengan QSPM maka didapatkan alternatif strategi yang memiliki TAS tertinggi yaitu strategi WO= Memperbanyak promosi yang bertempat di tempat yang memiliki potensi yang dan perkembangan insfratruktur baik dengan menjelaskan manfaatkan produk Toyota dan memperbaiki proses inden unit dengan TAS sebesar 6.358

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariadi, R.I. 2018. Strategi Pengembangan Pasar Guna Meningkatkan Market Share Penjualan Mobil Toyota Di Pt.Astra Int Auto2000 Bogor Siliwangi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Craig, J.C., R.M. Grant.(2016). Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbit Alex Media Komputindo.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

David,F., & F,David (2016). Manajemen Strategik, Edisi 15, Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Kerin, R. A., R. A. Peterson. (2015) Strategic Marketing Poblem. (penerjemah: Nina Kurnia Dewi). Jakarta: Penerbit PT Indeks Permata Puri Media.

Kotler, P., Keller, K.L (2009) . Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusuma, Deya. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Kebun Raya Bogor Sebagai Objek Wisata Edukasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok.

Pandoyo, M. Sofyan. (2018). Metodologi Penelitian Keuangan dan Bisnis. Bogor: Penerbit In Media.

Putri, Rara Tama. 2014. Strategi Pengembangan Bisnis Tempe Indonesia Di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Insttitut Pertanian Bogor.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offs.

https://m.detik.com/oto/mobil/d-4364672/avanza-buatan-indonesia-laku-dinegara-manaaja-sih.

https://m.detik.com/Darmin cerita ekonomi terkini,begini kondisinya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Ghofar, A., & Firmansyah. (2023). STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK TOYOTA AVANZA DI AUTO2000 CABANG BOGOR SILIWANGI. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(1), 44–51. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/145