PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DI INDOMARET KEMANG

Penulis

  • Aries Zuswana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Syamsul Budiman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Komunikasi, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja.

Abstrak

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja diantaranya adalah komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja. Komunikasi dapat dianggap sederhana dan dapat pula menjadi masalah, karena pada dasarnya komunikasi adalah kunci untuk berinteraksi dengan orang lain. Bila komunikasi berjalan dengan efektif, maka kegiatan produksi akan berjalan lancar sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja di Indomaret Kemang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. dan menggunakan uji t untuk menganalisis keeratan hubungan variabel secara individual, sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji validitadas dan reliabilitas. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa, secara serempak komunikasi, motivasi dan limgkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja di Indomaret Kemang. Secara parsial motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja di Indomaret Kemang. Secara parsial komunikasi dan lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja di Indomaret Kemang.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kerja Karyawan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fahmi, Irham. (2016). MSDM Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. Handoko, T. H. (2015). Manajemen. Cetakan Kedua Puluh Tujuh. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan,S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit PT.Bumi Aksara.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Penerbit Alfa Betha.

Jakaria, Yaya. (2015). Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan Spss. Bandung.

Penerbit: Alfabeta.

Komalasari. (2017) Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja di PT. Mitra Adiperkasa. Program Studi Manajemen STIE Gici Depok. Tidak Dipublikasikan.

Mangkunegara, A. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

(2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketujuh.Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

(2014). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Ketujuh. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

(2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nugroho, B. E. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kedisiplinan dan Motivasi sebagai variabel Intervening. Program Studi Magister manajemen STIE AUB Surakarta. Tidak Dipublikasikan.

Sahuri. (2017). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja di Taman Wisata Matahari. Program Studi Manajemen STIE Gici Depok. Tidak Dipublikasikan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Supriyadi, D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Manajerial Terhadap Kinerja Karyawan Bank. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang. Tidak Dipublikasikan.

Yuniarsih, S., Hasiholan, L. B., Yulianeu. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Perum Damri kantor Divisi Regional II Semarang. Skripsi Universitas Pandanaran Semarang. Tidak Dipublikasikan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Zuswana, A. ., & Budiman, S. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DI INDOMARET KEMANG. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(1), 52–61. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/146