PENGARUH KEPUASAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP TURNOVER KARYAWAN DI STIE GICI BOGOR

Penulis

  • Hermawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • S. Slamet Budi Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Turnover Karyawan.

Abstrak

Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam perusahaan yang tidak dapat dipisahkan dari tujuan perusahaan, terutama dalam menjalankan program kerja perusahan. Adapun permasalahan yang selalu dihadapi perushaan adalah turnover. Turnover adalah proses perpindahan atau keluarnya individu yakni karyawan meninggalkan prusahaan atau organisasi dan harus dicari penggantinya. Adapun faktor yang mempengaruhi turnover karyawan diantaranya adalah kepuasan kerja, lingkungan karja dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja taerhadap Turnover Karyawan di STIE GICI Business School Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengeumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yanag digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji t untuk menganalisis keeratan hubungan variabel secara individu, sedangkan pengujian instrumen menggunkan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 61,6% faktor turnover karyawan dapat dijelaskan oleh kepuasan kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja sedangkan sisanya 38,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepuasan kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover karyawan dengan hasil analisis yaitu nilai F hitung (18,861) > F tabel (2,920). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja menunjukkan hasil analisis t hitung (-2,327) dan variabel lingkungan kerja menunjukkan hasil analisis t hitung (-4,786) dimana t tabel (2,042) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover karyawan di STIE GICI Business School Bogor. Adapun variabel motivasi kerja tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap turnover karyawan di STIE GICI Business School Bogor dengan nilai hasil analisis t hitung (-0,811). Variabel yang dominan mempengaruhi turnover karyawan di STIE GICI Business School Bogor adalah motivasi kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfresia, V, P. (2016). Pengaruh Kepuasn Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi Pada PT. Kajima Indonesia). Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.

Alpiah, E. (2017). Pengaruh Pengawasan Pimpinan, Disiplin Kerja, Budaya Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Kayarasa Nusantara Bogor. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok. Hal. 44, 45, 46.

Dwiningtyas. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Skripsi. Universitas Negri Semarang. Hal 15.

Fachurozi, I. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Bagian Produksi Di CV. Wirautama Garment Manufacture). Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.

Jakaria. (2015). Mengelola Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS. Cetakan Kesatu.

Bandung: Alfabeta. Hal. 157, 159, 161.

Pratam, M. F. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan PT. RTL Cabang Bogor. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok. Hal 50, 51.

Putra, Z. F. S., M. Sholeh., N. Widyastuti. (2014). Analisis Kualitas Layanan Websit BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JARKOM Vol. 1 No. 2 Januari 2014. Teknik Informatika, institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Hal. 4.

Putriani, A, D., D, Hamid., & M, D, Mukzam. (2014). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi Pada Karyawan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pusat Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 12 No. 2 Juli 2014. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. Universitas Brawijaya Malang.

Rony, Z. S. (2017). Siapa Hartus Pergi Siapa Harus Tinggal. Edisi Pertama. Jakarta: PSSDM.

Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadersip Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T.P 2013/ 2014. Jurnal EduTech Vol .1 No 1 Maret 2015. Guru Matematika SMPN 29

Medan. Hal. 7.

Sedarmayanti. (2017). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, Suatu tinjauan Dari Aspek Ergonomis Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Keempat. Bandung: CV Mandar Maju. Hal 21.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan ke-23.

Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal. 85, 137.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: Pustakabarupress. Hal. 103.

(2015). Statistik Untuk Bisnis & Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal. 172.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan VIII. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group.

Wandansari, N. D. (2013). Perlakuan Akuntansi Atas PPH Pasal 21 Pada PT. Artha Prima Finance Kotamobago. Jurnal EMBA. ISSN : 2303-1174. Vol. 1 No.3 Juni 2013. Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi. Univers

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Hermawan, & t Budi Utomo, S. S. (2023). PENGARUH KEPUASAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP TURNOVER KARYAWAN DI STIE GICI BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(1), 79–88. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/147