PENGARUH EKUITAS MEREK, KEMASAN, SLOGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI TEH BOTOL SOSRO (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA TEGAL)
Kata Kunci:
Ekuitas Merek, Kemasan, Slogan (Tagline), Gaya Hidup, Minat BeliAbstrak
Seiring dengan perkembangan bisnis dimulai dengan hadirnya produsen-produsen dari dalam negeri maupun luar negeri. Budaya konsumerisme yang cukup tinggi di Indonesia banyak perusahaan yang mencari celah untuk peluang bisnis mereka salah satunya yaitu barang konsumtif seperti teh. Teh merupakan komoditi yang kini memiliki banyak peminat dan penikmat, dan seiring berkembangnya teknologi kini teh hadir dengan varian rasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kemasan, Slogan (tagline) dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Teh Botol Sosro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Insidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa 60% faktor-faktor minat beli dapat dijelaskan oleh ekuitas merek, kemasan, slogan (tagline) dan gaya hidup sedangkan sisanya 40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel ekuitas merek, kemasan, slogan (tagline) dan gaya hidup secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (38,202) > Ftabel (2,470). Hasi uji t menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek menunjukkan hasil analisis thitung (2,691) dan variabel gaya hidup menunjukkan hasil analisis thitung (6,468) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Teh Botol Sosro pada masyarakat Kota Bogor. Adapun variabel kemasan dan slogan (tagline) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi >0,05. Variabel yang dominan mempengaruhi minat beli pada Teh Botol Sosro di Kota Bogor adalah ekuitas merek dan gaya hidup.
Unduhan
Referensi
Aaker, D. A. (2017). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi Delapan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (204)
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Keduabelas. Bandung: Penerbit Alfabeta. (159,158,157,161,162)
Artaji. (2014). Pengaruh ekuitas Merek Terhadap Minat Pembelian Notebook Merek Acer. Universitas Negeri Yogyakarta (vii)
Cece, I. S. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth Di Sogo Galaxy Mall Surabaya. E-ISSN: 2407-7305, Vol 1, Nomor 2, Juli 2015. Universitas Narotama Surabaya. (104)
Dewi, H. P. (2018). Entrepreneur Talks. Cetakan Pertama. Jogjakarta: Penerbit Stiletto Book. (11)
Ekasari, N., Hartono, R. (2015) Pengaruh Faktor-Fakor Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Apple. Digest Marketing Vol. 1 No. 1 Juli, 2015 ISSN : 2302-4682. (67)
Ghulam, A. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sea Master. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hertita, D. (2018). Setiap Pembisnis Harus Punya Buku Ini !. Edisi Pertama . Jakarta : PT Elex Media Komputindo. (125)
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta. (92,93)
Julianti, S. (2018). The Art Of Packaging. Cetakan Kedua. Jakarta : PT Gramedia. (15) Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Empat Belas, Jilid Satu.
Jakarta : Penerbit Erlangga. (14,258,259,263,264,268,276,277,)
Kurniawan, R., Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta : Kencana. (143,96,127,123,31,137,).
Latipah, R., Fitriani, L. K., Masruroh, R. (2017). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Sandal dan Sepatu Bata. Universitas Kuningan. Volume 12 No 3. (159)
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media. (263,264,265,266,267,274,277,278,279,276)
Pratama, A. M. (2015). Pengaruh Slogan “Good Food, Good Life”, Harga, dan Kualitas Produk Pada PT. Nestle Indonesia Terhadap Minat Beli Konsumen. Universitas Sumatera Utara. (i)
Sopiah, Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Cetakan Pertama. Jakarta : PT Bumi Aksara. (285,286)
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Cetakan Pertama.
Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia. (113,114)
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R&D. Cetakan kedua puluh dua. Bandung : Alfabeta (81,85,137,225,121)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan kedua puluh tujuh. Bandung : Alfabeta (6,80)
Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami).Yogyakarta : Pustaka Baru Press. (66-67)
Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen Teori, Kuesioner, Alat dan Analisis Data. Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service). (42,104,114,115)
Swasty, W. (2016). Branding Memahami dan Merancang strategi Merek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. (110,45,46)
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta : Andi. (187,) Tjiptono., Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: CV Andi Offset. (134) UU Merek No 15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1
Veronika. (2016). Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Brand ImageI Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Sanata Dharma. (24).
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia. (26,27,154,30,36,155).
http://blog.iscreativeworks.com/idealist/12-best-indonesian-brand-slogans http://mmhendrart.blogspot.com/2013/04/tagline-teh-botol-sosro.html https://m.wartaekonomi.co.id
http://www.keluargaharmonis.net
www.sinarsosro.id
www.topbrand-award.com (2019)
www.wikipedi.com www.beritaunik.net