PENGARUH SERVICE EXCELLENT DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAKARTA CILANDAK

Penulis

  • Mega Silvia Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Prasetio Ariwibowo Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Deasy Nurmalasari F Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58890/eleste.v3i2.172

Kata Kunci:

Service Excellent, Kepuasan Nasabah, Kinerja

Abstrak

Sumber daya manusia adalah faktor produksi yang paling menentukan dibanding dengan fasilitas atau perangkat lain yang ada di suatu perusahaan. Hal tersebut disebabkan perangkat yang serba canggih di perusahaan tidak dioperasikan oleh manusia. Suatu kegiatan perusahaan tidak dapat berjalan lancar tanpa sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan. Suatu organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan kerja sesuai dengan tugasnya. E. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan Pengaruh Service Excellent dan Kepuasan Nasabah Terhadap Kinerja Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Cilandak. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, dengan populasi sebanyak 100 nasabah dan sampel sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variabel yaitu: Service Excellent (X1), Kepuasan Nasabah (X2), dan Kinerja (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan alat ukur skala likert dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa service excellent dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap kinerja bank. Secara parsial kepuasan nasabah berpengaruh dominan terhadap kinerja bank. Sebaiknya pimpinan PT. Bank Syariah Indonesia meningkatkan semangat dan disiplin kerja pada karyawan bank sehingga akan meningkatkan kinerja bank.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah Ma’ruf, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan (B. R. Hakim (ed.)). Aswaja Pressindo.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126. https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227

Bujung, G. E. A., Liestiandre, H. K., & Aridayanti, D. A. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di Daya Tarik Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu. Journal of Applied Science in Destination, 1(1), 40–52.

https://doi.org/10.52352/jastd.v1i1.1032

Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13 (1), 1–13.

https://doi.org/10.55208/aj.v2i1.27

Fakhirah, J., Ariwibowo, P., & Anco. (2022). Pengaruh Disiplin dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank DKI Cabang Gambir-Jakarta Pusat. Sosio E-Kons, 14(2), 117–124.

https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.11863

Fure, J. A. (2016). Fungsi Bank Sebagai Lembaga Keuangan Di Indonesia Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Lex Crimen, V(4), 116–

Dedek Kurniawan., Arif, Muhammad., Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2) 171–

Guspul, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I, Vol.1(No.1), 40–54. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i1.232

Halimah, A. (2017). Pengaruh Syariah Marketing, Service Excellence Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Nasabah Tabungan Mudharabah (Studi BMT Zam Zam Sragen). Perbankan Syariah, 4 (1),1-117.

https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/296469808.pdf.

Hendarsyah, D. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 85–96. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.204

Hidayati, J. (2005). Analisis Kinerja Bank dengan DEA. Jurnal Sistem Teknik Industri, 6(2), 17–23. https://doi.org/https://www.academia.edu/download/28032798/sti- apr2005-_(3).pdf.

Iriantara, Y. (2014). Konsep Manajemen dan Manajemen Pemasaran. Manajemen Media Massa, 1–43.

Isyanto, P., & Martini, N. (2011). Analisis Hubungan Customer Behaviour dan Persepsi Produk Pelumas Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kabupaten Karawang. Solusi, 9(18), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/solusi.v9i18.10

Jalal, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Service Excellence (Studi Kasus Pada PT. Bank X (Persero), Tbk. Pekanbaru). Bahtera Inovasi, 2(2), 122–137. https://doi.org/10.31629/bi.v2i2.1626

Nasfi., Rahmad., S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Journal of Economic Studies, 4(1), 19–38. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.846

Neldawaty, R. (2018). Perbandingan Kinerja Bank Syariah Dan Bank Konvensional. Journal Development, 6(1), 61–69.

https://doi.org/10.53978/jd.v6i1.92

Normasari, Selvy., Kumadji, Srikandi, Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1–9.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Ratnasari, S. L. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Vol. 4, Issue 1). https://www.academia.edu/download/48505178/bank_dan_lembaga_keuangan_lain nya_1.pdf.

Ritonga, Mulkanuddin., Irawan., Fikri, M. El. (2017). Faktor Manajemen Biaya dan Manajemen Pemasaran Terhadap Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada UKM Industri Rumahan Di Kota Binjai.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Sahanggamu, P., & L. Mandey, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja, Motivasi, dan Disiplin Kerja Tehadap Kinerja Karyawan Pada PT Perkreditan Rakyat Dana Raya. Jurnal EMBA, 2(4), 514–523.

https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6359

Sari, P., & Widyasari, T. (2019). Pengaruh Service Excellence dan Kualitas Kepuasan Konsumen ABA Komputer Samarinda. Juenal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 191–201.

https://doi.org/https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/104

Simamora, J. M., & Yusmalinda. (2021). Pengaruh Service Excellence Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cv Bersinar Pematangsiantar. Journal of Management Sciences, 1(1), 9–19. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic.

Soeprajitno, Edy Djoko., Setyawan, Wawan Herry., Wihara, D. S. (2019). Dampak Pelatihan (Service Excellence Terhadap Kinerja Karyawan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Kediri. MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 94–102.

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3 (1), 19–32.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/7525.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.

Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika dalam penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supatmi, Mamik Eko., Nimram, Umar., Utami, H. N. (2012). Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Profit, 7(1), 25–37. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/305.

Waldelmi, I. (2017). Perilaku Konsumen Memilih Produk Perbankan Syariah Pekanbaru.

Wiwoho, J. (2014). Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat. MMH, 43(1), 87–97. https://doi.org/10.14710/mmh.43.1.2014.87-97

Zakiy, M., & Azzahroh, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3 (1), 26–38.

https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.359.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Silvia, M. ., Prasetio Ariwibowo, P., & Nurmalasari F, D. (2024). PENGARUH SERVICE EXCELLENT DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAKARTA CILANDAK. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.58890/eleste.v3i2.172 (Original work published 31 Oktober 2023)