PENGARUH E-COMMERCE DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMAN 11 DEPOK

Penulis

  • Risma Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Prasetio Ariwibowo Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Deasy Nurmalasari F Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Kata Kunci:

: E- Coommerce, Digital Paymaent, Perilaku Konsumtif

Abstrak

teknologi saat ini, mempengaruhi gaya hidup masyarakat salah satunya siswa menjadi modern dan lebih mudah yang didukung dengan adanya internet. Pesatnya perkembangan internet saat ini maka terbangun sebuah sistem perdagangan online (E- Commerce). E-commerce merupakan kegiatan yang meliputi pendistribusian, penjualan, pembelian, pemasaran produk melalui internet. Kemudahan akses berbelanja di e- commerce semakin meningkat dengan didukung adanya pembayaran menggunakan digital payment pada aplikasi belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuanititatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di SMAN 11 Depok dan mendapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat ukur skala likert dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial e-commerce dan digital payment berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan menunjukkan thitung 5,475 dan 5,194 dengan nilai ttabel sebesar 1,985 serta nilai signifikannya sebesar 0,00<0,05 yang artinya e-commerce dan digital payment berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliya, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). 6(3), 835–842.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Bashir, R., Mehboob, I., & Bhatti, W. khaliq. (n.d.). Effects Of Online Shopping Trends On Consumer-Buying Behavior: An Emprical Study Of Pakistan. 2 (2), 24.

https://doi.org/https://doi.org/10.29145/jmr/22/0202001

Dianingsih, F. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online dan Fasilitas Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah di IAIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–116.

http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87687

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2 (2), 1–6.

https://doi.org/10.29210/3003210000

Naufalia, V. (2022). Pengaruh Digital Payment Dan E-Service Quality Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee wilayah DKI Jakarta. JASDIM Nusa Mandiri, 01(1), 1–9.

https://doi.org/https://doi.org/xxxxxxx/jasdim.v18i2.XXXX

Oskarsdottir, F. (n.d.). Online Shopping and the Natural Environment Online Shopping and the Natural Environment. file:///C:/Users/ACER/Downloads/jurnal Oskarsdottir.pdf

Puspitasari, S. D., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 64–74.

https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p64-74

Ridwan, M. (2018). Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspekstif Ekonomi Islam ( Studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan ) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. file:///C:/Users/ACER/Downloads/jurnal ridwan 2018.pdf

Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10.

https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44181

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawwaroh, M. (2019). Perkembangan

Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. 4, 16. file:///C:/Users/ACER/Downloads/jurnal tarantang.pdf

Trianti, N. (2022). Pengaruh E-Com merce Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Pendekatan

Technology Acceptance Model (Studi Kasus Mahasiswa …. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–9.

http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1957/%0A

Wahbi, A. A., & Ariwibowo, P. (2019). Konsep Literasi Ekonomi Digital: Analisa Dampak Teknologi Terhadap Perilaku Gaya Hidup Guru SMP Se- Tangerang Selatan. 8.

https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.486

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Febriyanti, R. ., Ariwibowo, P., & Nurmalasari F, D. (2023). PENGARUH E-COMMERCE DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMAN 11 DEPOK. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(2), 123–130. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/173 (Original work published 31 Oktober 2023)