PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE GICI PONDOKGEDE

Penulis

  • Fajar Sodiq Alamsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Rizal Bakti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan Mahasiswa.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI Pondokgede. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Insidental Sampling. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di STIE GICI Pondokgede. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di STIE GICI Pondokgede. Variabel fasilitas secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di STIE GICI Pondokgede. Adapun variabel lokasi secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di STIE GICI Pondokgede. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa  64,2% faktor-faktor kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi sedangkan sisanya 35,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa di STIE GICI Pondokgede.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adella G. Situmorang, 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Firm Size, Growth, dan Cash Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 - 2014”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.5 No.3.

Afandi. (2018). BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Definisi dan pengertian Manajemen. 30–47.

Andhini, N. F. (2017). Pengertian kualitas pelayanan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anwar, N, H., & Iqbal. 2015. “Effect of Leadership Style on Employee Performance”. Arabian Journal of Business and Management Review Volume 5 Issues 5.

Armistead dan Clark. (2020). Ii, B A B Pelayanan, A Kualitas Pelayanan, Pengertian Kualitas. 56–57.

Indra Lutfi Sofyan, A. P. & H. S. N. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–12.

Indrasurya, B. (2007). (2019). bab ii Tinjauan Pustaka Manajemen Pemasaran, 10-48. 10–48.

Jargalsaikhan, B. E., Ganbaatar, N., Urtnasan, M., Uranbileg, N., Begzsuren, D., Patil, K. R., Mahajan, U. B., Unger, B. S., Goyal, S. N., Belemkar, S., Surana, S. J., Ojha, S., Patil, C. R., Mansouri, M. T., Hemmati, A. A., Naghizadeh, B., Mard, S. A., Rezaie, A., Ghorbanzadeh, B., … Yuanita, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pop Di Bandar Lampung. Molecules, 9(1), 148–162.

Jaya, I. 2018. Karakteristik Morfologi dan Anatomi Tanaman Jambu Biji (Psidium guajava L.) di Taman Buah Mekarsari Bogor. [Skripsi]. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Jaya, S. (2018). Analisis faktor-faktor kepuasan konsumen pada rumah makan Geprek Bensu di Bandar Lampung. 13–53.

Malau (2018). (2020). PENGARUH BRAND TRUST, KUALITAS PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAKULT (Pada Konsumen Padepokan Tari Langen Kusuma Ponorogo). 8–30.

Noviana. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Universitas Sebelas Maret.

Panglipur, B. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Rina Mitra Raharja Cabang Cirendeu. 28.

Putra, R. A. A., Muhardi, M., & Sofiah, P. (2017). Pengertian Pengelolaan. Prosiding Manajemen, 379, 251–258. Ii, B. A. B., & Teoritis, A. L. (2020). Bab 2 Pengertian Pemasaran.

Putri, K & Nurcaya, I. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Centre Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(8), 247815.

Putri, R. (2018). Pengaruh harga, promosi terhadap kepuasan konsumen toko sepatu di malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rachman, T. (2018). No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Raharjo, A. (2019). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Internet Di Kecamatan Gajahmungkur Semarang. 1–80.

Reyes. (2018). Indikator Pelayanan Publik. Kualitas Pelayanan, 3(1), 1–26. file:///C:/Users/Hp/Downloads/BAB II (1).pdf

Robby Fauji, & Syifa Pramudita Faddila. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Johar Futsal Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 5(2), 35–56.

Safitri. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap kepuasan Mahasiswa Kuliah di STIE GICI Business School Jakarta.

Sakinah, S. (2018). Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. In Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) (Vol. 1, Issue 4).

Sofar Silaen. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: IN MEDIA

Stefani, F. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada pelanggan Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta). International Journal of Trade, Economics and Finance, 53(9), 1689–1699.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2017). Tugas Akhir Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Servis Bengkel Pt. Bengawan Abadi Motor (Nasmoco Solo Baru).

Sugiyono, & Susanto, A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel (Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian). Bandung : CV Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilo, (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan dan Fasilitias Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI Business School. Jakarta

Widyatama, S. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

william dan Tiurniari Purba. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,

William, S. J. (2021). Pengertian Pemasaran menurut para ahli. Ilmu Ekonomi ID, 1. Menurut Penelitian Tobing dan Hidayat (2012) Pemasaran dengan menggunakan digital marketing memiliki hubungan yang sangat terikat dengan implementasi pemasaran bisnis dengan memperhatikan manajemen hubungan konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Sodiq Alamsyah, F. ., & Bakti, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE GICI PONDOKGEDE. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(2), 143–152. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/175 (Original work published 31 Oktober 2023)