PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, IKLIM ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MCDONALD’S SEMPLAK BOGOR

Penulis

  • Dery Herfiansyah
  • Nurdin Rifai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan Situasional, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstrak

Era globalisasi mempunyai dampak dalam dunia usaha. Dengan adanya globalisasi maka dunia usaha mau tidak mau didorong untuk mencapai suatu organisasi perusahaan yang efektif dan efisien. Pengelolaan sumber daya manusia ini dipengaruhi oleh banyak hal, selain kualitas sumber daya manusia, sistem yang ada dalam organisasi, prosedur kerja, keterlibatan atau partisipasi merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh bagi efektivitas organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Mcdonalds Semplak Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampel jenuh (non probability sampling). Adapun sampel tersebut berjumlah 56 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 47,7% faktor-faktor kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan situasional, iklim organisasi dan kepuasan kerja, sedangkan sisanya 52,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel gaya kepemimpinan situasional, iklim organisasi dan kepuasan kerja secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (3,437) > dari Ftabel = (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan menunjukkan hasil analisis thitung­ (2,149) dan variabel iklim organisasi menunjukkan hasil analisis thitung  (2,140)  dimana  ttabel  (1,980)  maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan Mcdonalds Semplak Bogor. Adapun variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan Mcdonalds Semplak Bogor dengan nilai hasil analisis thitung­ (0,859).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brahmasari.(2008).Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Situasional dan Pola Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Central Proteinaprima Tbk. Depok.

Dwiyanto. (2010).Pengaruh Gaya kepemimpinan, Iklim Oganisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal . Kendal Jawa Tengah .

Gibson. (2012) .Organisasi Perilaku–struktur –proses. Edisi V. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia.Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan,M. P. (2012).ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta: BumiAksara.

Jakaria Y. (2015). Mengolah data penelitiankuantitatif dengan SPSS . Cetakan kesatu Bandung : Penerbit Alfabeta .

Mangkunegara, A. P. (2015).Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeheriono.(2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ranupandojo, H., dan Suad, H. (2012).Manajemen Personalia.Yogyakarta: BPFE.

Rivai, dan Basri.(2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Robbins, S. P., dan Judge, T. A. (2015).Perilaku Organisasi.Jakarta: Salemba Empat.

Schein, E.H. (2010).Organizational Culture and Leadership.4th Edition. San Francisco: Jossey-Bass.

Siagian, S. P. (2012).Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2014) .Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D. Cetakan KE-21. Bandung :Alfabeta

Susanty,E . (2013 ). Iklim Organisasi Dan Manfaat Bagi Organisasi .Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka

Syaffitri.(2016). Pengaruh Motivasi Kerja ,Pengembangan Karier dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Lembaga Sekolah relawan Depok. Kota Depok

Thoha, T. (2013).Perilaku organisasi konsep dasar dan implikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Unaradjan D.D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif . Cetakan Pertama ,Jakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-27

Cara Mengutip

Herfiansyah, D., & Rifai, N. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, IKLIM ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MCDONALD’S SEMPLAK BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(1), 1–7. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/201 (Original work published 27 Februari 2024)