PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK TAHAPAN XPRESI OLEH NASABAH BCA

(Studi Kasus Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih)

Penulis

  • Mahkota Intan Manuputty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Catik Yustina Mart Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pelanggan

Abstrak

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Produk Tahapan Xpresi oleh Nasabah BCA pada Anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitisn penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Adapun sampel jenuh sebanyak 120 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 79,80% faktor-faktor keputusan penggunaan dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan brand image sedangkan sisanya 20,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk dan brand image secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (13,525) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (3,835) dan variabel brand image menunjukkan hasil analisis thitung (2,052) dimana ttabel (1,666) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Tahapan Xpresi oleh anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan penggunaan produk Tahapan Xpresi oleh anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok adalah kualitas produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, T., & F. Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Cetakan Keempat.Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37-56. ISSN: 1979-1739. Volume 8. No. 1, April 2014.

Damayanti, C., & W, Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3). ISSN: 2252-6652. Volume 4. No 3

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasugian, J. T. M. (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty TELKOMSEL. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3, 923-937. ISSN 2355- 5408. Volume 3 No. 4, 2015.

Herminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 132337. ISSN: 2252-7826. Volume 6. No. 3, Oktober 2014.

Kotler, P., & K. L. Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

------------------------------. (2016). Marketing Management, 15th edition. Unite d States: Pearson Education.

Kotler, P., & G, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12 Cetakan Pertama. Jakarta: Erlangga.(2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management, 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Mamahit, P. (2015). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal berkala ilmiah efisiensi. Volume 15, No. 5, 2015.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi. E-ISSN: 2656-2278. Volume 01, No. 1, Maret 2017.

Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66-73. p-ISSN: 2302- 9560/e- ISSN: 2597-4599. Volume 7. No. 1, Juni 2018.

Putra, E. K. H., Jariah, A., & Fauziah, A. (2019, July). Analisis Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Rangga Regency Di Lumajang. In Proceedings Progress Conference. E-ISSN : 2622-304X, P-ISSN : 2622-3031 Volume 2, No. 1, Juli 2019. pp. 481-492).

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 457-478. p-ISSN: 2087-1139/e-ISSN: 2301-8313. Volume 6. No. 1, 2015.

Sisca, H. M. P. Simarmata, E. G. B. Purba, I. K. Dewi, M. Silalahi, Fajrillah, A. Sudarso,

E. Sudarmanto. (2021). Manajemen Inovasi. Yayasan KitaMenulis. Tersedia dalam books.google.com.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

------------. (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

------------. (2019). Manajemen pemasaran (edisi 13). Erlangga.

Sunyoto, D. (2014). Konsep dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F., & C. Gregorius. 2016. Service, Quality, and Satisfaction .Edisi 4.Yogyakarta : Andi

. (2017). Pemasaran Strategik, Edisi 3. Yogyakarta : Andi.

Yuri, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-31

Cara Mengutip

Intan Manuputty, M. ., & Yustina Mart, C. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK TAHAPAN XPRESI OLEH NASABAH BCA: (Studi Kasus Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 1(1), 26–35. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/204