STUDI KELAYAKAN BISNIS SKYMO APPAREL SANCANG BOGOR

Penulis

  • Iman Hernawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Alfiansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Study Kelayakan Bisnis, Pengembangan Usaha, Aspek Hukum, Pasar dan Pemasaran, Manajemen, Finansial

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek kelayakan usaha Skymo Apparel Sancang Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, dan manajemen sumber daya manusia serta aspek finansial dengan perhitungan kelayakan berupa Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Profitability Index (PI). Dari aspek finansial tersebut yang digunakan menunjukan bahwa usaha Skymo Apparel layak untuk dikembangkan dan dari aspek hukum, pemasaran, teknis dan sumber daya manusia juga memberikan gambaran potensi yang baik. Hasil penelitian menunjukan setiap aspek dalam penelitian ini dinyatakan layak, salah satunya dalam aspek keuangan. Dalam laporan keuangan memberikan nilai yang positif dengan hasil PP 1 bulan 3 hari, dinyatakan layak karena lebih cepat dari umur ekonomis, NPV Rp. 840.851.405 layak karena bernilai positif atau lebih dari nol, IRR nya pun lebih dari 38% dengan nilai 38,93%, dan PI dianggap layak dengan angka lebih dari 1 yaitu 18.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, H. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: Rajawali Pers.

Aliefah dan Nandasari. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan

Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam,

Volume 6, Nomor 1. Jurnal Mudima, Volume 2, No. 8.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Daryanto. (2021). Manajemen Produksi. Bandung: Yrama Widya. Herawati dan Purwoko. (2022). Studi Kelayakan Bisnis Industri Pakaian Anak Merek Bilbil Kids.

Jumingan. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir & Jakfar. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke 14. Jakarta: Prenadamedia Group.

Purnomo, et. all. (2002). Studi Kelayakan Bisnis. Ponorogo: Unmuh Ponorogo

Purwana, Dedi, dan Nurdin Hidayat. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rajawali Pres.

Ramdan, Muhamad. (2022). Studi Kelayakan Bisnis Tailor Diansa Atelier Bogor. Skripsi. STIE GICI.

Tidak Dipublikasikan.

Sugiyono. (201 2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sulastri, L. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha. Jakarta: LaGood’s

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta:

Wati et. al. (2020). Analisis Kelayakan Bisnis PendirianHome Industry Zahelsaff Hijab & Fashion.

Inovasi Manajemen dan Kebijakan Publik, Volume 3 No.2.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Hernawan, I., & Alfiansyah. (2024). STUDI KELAYAKAN BISNIS SKYMO APPAREL SANCANG BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 4(1), 1–8. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/211 (Original work published 1 April 2024)