PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN CABANG RENGASDENGKLOK

Penulis

  • Bambang Suntoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Metode penelitian berupa penelitian kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga, promosi, dan tempat secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (45,962) > Ftabel (2,467). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk menunjukkan hasil analisis thitung (-3,488) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6,513) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Adapun variabel harga dan tempat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di PT.Pegadaian Cabang Rengasdengklok adalah promosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Satriadi., Wanawir., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. ISBN: 978-623-261-251-8. Yogyakarta: Samudra Biru (IKAPI).

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli). Cetakan Kedua. ISBN: 978-979-3271-09-5. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco (IKAPI).

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Indrasari, Meithiana. (2020). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. ISBN: 978-623-91788-2-6. Surabaya: UP.Unitomo Press.

Widyawati, P. H. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspor Impor Pada PT. Aman World Logistics. Skripsi. Surabaya: STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

Indriani, Kiki. 2020. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Griya Sakinah Slawi (Studi Kasus pada PT. Dirly Makmur Putra Syukur. Skripsi. Tegal: Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal.

Nugraha, R. A. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Restoran Terhadap Loyalitas Pelanggan di Bourjuis Café. Skripsi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Alma, Buchari. (2021). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Ketigabelas. ISBN: 979-8433-01-7. Bandung: Alfabeta.

Nuryadi., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2019). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Cetakan Pertama. ISBN: 978-602-6558-04-6. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Cetakan Ketiga. ISBN: 978-602-289-533-6. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Suntoro, B., & Nurhayati. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN CABANG RENGASDENGKLOK. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 4(1), 9–17. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/212 (Original work published 1 April 2024)