PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v4i1.213Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan MahasiswaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI Business School Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 50,4 % faktor-faktor kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sedangkan sisanya 49,6 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (51.217) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (6.986), variabel fasilitas menunjukkan hasil analisis thitung (2.259), dimana ttabel (1,98397) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STIE GICI Business School Depok. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah kualitas pelayanan.
Unduhan
Referensi
Abdullah, T., & F. Tantri. (2019). Manajemen Pemasaran. Cetakan Kedelapan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Adella, G., Situmorang. (2017). “Pengaruh Profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Firm Size, Growth, dan Cash Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 - 2014”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.5 No.3.
Aditama, A., R. (2020). Pengantar Manajemen, Teori & Aplikasi. Cetakan Pertama. Malang: AE Publishing.
Alamsyah., Sodiq. F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Trhadap Kepuasaan Mahasiswa STIE Gici Pondok Gede.
Anggraini, C., & Panjaitan, W., S. (2017). Pemasaran Jasa. Surabaya: Jakad Media Publising.
Angriani, M. (2019). Kinerja Karyawan Perseroan Terbatas: Studi Kasus Atas Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Karakteristik Pekerjaan. Cetakan Pertama. Gorontalo: CV. Athra Samudra.
Anwar, N, H., & Iqbal. (2015). “Effect of Leadership Style on Employee Performance”. Arabian Journal of Business and Management Review Volume 5 Issues 5.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta, Salemba Empat.
Napitupulu, S., T. Nirwana, & T, Riduan. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis Dengan Teori-Teori Para Ahli. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Atalya Rileni Sudeco.
Safitri., Ayu. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap kepuasan Mahasiswa Kuliah di STIE GICI Business School Jakarta.
Sofar., Silaen. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: IN MEDIA
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Supomo, R. (2018). Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung: Yrama Widya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel (Teori dan Aplikasi untuk analisis Data Penelitian) : Bandung: CV Alfabeta.
Susilo, H., & Sitanggang, J. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE GICI Business School. Sosio e-Kons, 16(1), 20-29.
Tjiptono, Fandy & Anastasia, Diana (2015) Pelanggan Puas? Tak Cukup !.Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offse.