PENGARUH PENJUALAN KREDIT DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PENINGKATAN LABA

(Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Sub Sektor Jasa Keuangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 - 2023)

Penulis

  • Muhammad Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/eleste.v4i1.221

Kata Kunci:

Penjualan Kredit, Perputaran Piutang dan Peningkatan Laba

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan kredit terhadap peningkatan laba, untuk menganalisis perputaran piutang terhadap peningkatan laba, serta menganalisis berapa besar pengaruh penjualan kredit dan perputaran piutang terhadap peningkatan laba. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2023 dengan jumlah populasi sebanyak 11 perusahaan. Data dianalisis dengan metode statistik regresi linier berganda dan SPSS 23.0 for windows. Selanjutnya diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik (Uji Asumsi Multikolinearitas, Uji Asumsi Regresi Berganda Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi) dan uji asumsi nonklasik (Uji Normalitas, Uji Linearitas, Koefisien Determinasi, Uji F, Uji t). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa pengumpulan data sekunder yang diperoleh melalui data yang telah diteliti dan dikumpulkan oleh pihak lain yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah hasil uji t menyatakan bahwa hipotesis 1 diterima yaitu penjualan kredit berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan laba. Dan hipotesis 2 diterima yaitu perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan secara negatif terhadap peningkatan laba. Selain itu, hipotesis 3 juga ditolak yaitu hasil uji F menyatakan bahwa pengaruh penjualan kredit dan perputaran piutang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan laba walaupun diuji secara simultan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, Rusdi. (2019). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : UPP AMP YKPN Basu,

Swastha (2017), Manajemen Penjualan. Yogyakarta : Ibnu Sukadjo.

Bursa Efek Indonesia. Http://www.idx.co.id/bursaefekindonesia/daftarperusahaan.

Hasibuan, Malayu. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara. Harahap, Sofyan

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Edisi kesatu. Jakarta : Rajawali Persada Krismiaji, Azhari.

Munawir, S. (2018). Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta : Liberty.

Muslich, Mohammad. (2019). Manajemen Keuangan Modern. Jakarta : Bumi Aksara.

Prastowo, Dwi. (200=88). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Rave, Warren dan Fess. (2016). Accounting Pengantar Akunatnsi, penerjemah Aria Farahmita. Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono. (2019). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Nugraha, M. (2024). PENGARUH PENJUALAN KREDIT DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PENINGKATAN LABA: (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Sub Sektor Jasa Keuangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 - 2023). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 4(1), 89–96. https://doi.org/10.58890/eleste.v4i1.221 (Original work published 4 April 2024)